MAN 4 Jakarta Selatan (14 – 17 Maret 2023) – Siswa – siswi kelas X MAN 4 Jakarta Selatan mengikuti kegiatan Outing Class 2023 selama empat hari di Magelang dan Yogyakarta.

Outing Class merupakan salah satu program tambahan di MAN 4 Jakarta Selatan. Aktivitas ini biasa dilaksanakan oleh peserta didik kelas X  untuk mendapatkan pembelajaran bermakna di lapangan.  Tahun ini, Outing Class diikuti oleh sebanyak 300 siswa dengan 25 orang guru pendamping.

Bertempat di dusun Candirejo Magelang, para siswa mempelajari impelentasi dari P5 (Projek Profil Penguatan Pelajar Pancasila) sebagai salah satu Implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam P5 ini siswa mempelajari secara kontekstual tema bhineka tunggal ika, entrepreneur dan perubahan lingkungan (Climate Change).

Selama di desa edukasi, siswa tinggal bersama dengan penduduk setempat seraya mengenal aktivitas, budaya serta makanan khas desa tersebut.

Masih di tempat yang sama, siswa juga belajar tata cara bercocok tanam tumpang sari, cara petani memanen singkong, serta mengolah singkong menjadi produk home industri selondok. Selain merasakan pengalaman bertani, siswa juga dibekali langsung pembuatan kerajinan gerabah dan sapu lidi sebagai salah satu aktivitas kerajinan di desa ini.

Pada malam harinya siswa menyaksikan pagelaran tarian tradisional Topeng Ireng dan Dayakan. Tarian ini menggambarkan bagaimana kuatnya pasukan Diponogoro pada masa perjuangan.

Memanfaatkan suasana alam desa Candirejo yang berada di bawah kaki gunung Merapi, para siswa berkesempatan tracking melewati sungai, ladang serta melintasi rumah penduduk yang memiliki arsitek khas Jawa seperti Joglo dan Limasan. Tujuan akhir dari tracking ini adalah pasar tradisional. Di lokasi ini siswa diharapkan dapat lebih mendalami nilai kebhinekaan dan juga mengenal kue khas daerah tersebut. Selesai melakukan kunjungan pasar, siswa melanjutkan aktivitas dengan kegiatan bakti sosial.

Selama dalam kegiatan Outing Class para siswa juga melakukan sholat jamaah di masjid setempat bersama penduduk lokal serta mempraktekkan sholat jamak qoshor.

Kegiatan Outing Class berakhir dengan aktivitas wisata ke Swargabumi dan Jeep Tour di Pantai Parangtritis.