MAN 4 Jakarta Selatan (22/04/2024) – Biasanya peringatan hari lahir RA Kartini selalu diperingati pada tanggal 21 April. Dikarenakan pada tahun ini tanggal 21 April bertepatan dengan hari libur maka peringatan Hari Lahir RA Kartini dilaksanakan pada hari ini, Senin 22 April 2024.

Peringatan tersebut dirayakan dengan pelaksanaa upacara bendera yang dikomandoi oleh petugas upacara gabungan kelas X-7 dan X-9. Upacara ini diikuti oleh seluruh civitas MAN 4 Jakarat Selatan.

Yang berbeda dalam upacara adalah nuansa RA Kartini yang mengilhami proses pelaksanaan upacara. Hal tersebut bisa dilihat dari kostum yang digunakan oleh peserta upacara perempuan yang mengenakan kebaya. Sebagaimana kita ketahui, kebaya merupakan pakaian yang biasa digunakan oleh RA Kartini semasa hidupnya.

Tidak hanya formalitas simbol Kartini yang tampil pada upacara melainkan spirit sekaligus hasil juang Kartini juga Nampak. Hal ini bisa dilihat dari petugas upacara yang didominasi oleh petugas perempuan khususnya pada posisi-posisi yang lazimnya ditempati laki-laki seperti petgas pengibar bendera dan Pembina upacara.

Keterlibatan perempuan-perempuan ini sebenarnya bukan hal baru di MAN 4 Jakarta melainkan kondisi sebenarnya dalam aktifitas sehari-hari. Hasil perjuangan Kartini secara nyata dapat kita temui di MAN 4 Jakarta, partisipasi dan kesempatan yang dimiliki perempuan civitas MAN 4 Jakarta dengan tanpa pengutamaan gender tertentu.

Yulisnaeni, guru Mata pelajaran Biologi yang bertugas sebagai pembina upacara menyampaikan dalam sambutannnya jika perempuan Indonesia saat ini telah mendapatkan haknya untuk memiliki akses di semua bidang.

“Ibu RA Kartini telah berjuang agar kita perempuan Indonesia mendapatkan hak-hak kesetaraan. Oleh karena itu mari kita gunakan kesempatan yang kita miliki ini dengan sebaik-baiknya. Siswa dan siswi MAN 4 Jakarta harus mampu mewujudkan mimpinya, cita-citanya tanpa adanya keraguan dengan alasan gender,” ungkapnya. (H5h)