Pandemi Covid-19 masih berlangsung sampai saat ini dan alhamdulillah keadaan sekarang telah membaik. Sudah hampir 2 tahun kita hanya dapat melaksanakan seluruh aktivitas di dalam rumah masing-masing untuk tetap melanjutkan kehidupan dengan segala keterbatasan, tetapi sekarang karena keadaan sudah membaik kita mulai bisa melakukan aktivitas diluar rumah dengan kebijakan yang di longgarkan dan tetap dalam protokol kesehatan . Beberapa  tahun belakangan ini sudah cukup memakan banyak korban karena wabah Covid-19, rasanya mendengar berita orang meninggal dunia di sekitar kita adalah persoalan biasa seperti halnya mendengar cuitan burung pada pagi hari. Banyak orang terpaksa berhenti bekerja dan menjadi tuna karya.

Namun hal tersebut tidak menghalangi kami untuk berkarya, dalam merayakan Hari Guru Nasional 2021 MAN 4 Jakarta menyelenggarakan “KONSER HARI GURU NASIONAL 2021: Kita & Sejuta Rindu” yang menampilkan lebih dari 300 siswa menari dengan instrument yang telah ditentukan dan menyanyikan serta memainkan beberapa alat musik sebagai instrumen lagu-lagu kebangsaan Indonesia. Ini merupakan persembahan dari murid–murid kelas 12 dalam rangka merayakan Hari Guru Nasional tahun ini, dengan tujuan mengapresiasi dan menghargai jasa guru yang telah sabar dalam membimbing siswa/i selama pembelajaran di masa pandemi saat ini dan juga untuk mengapresiasi karya seni. Bersama Pak Ama Gusti, guru kesenian MAN 4 Jakarta, sang pendiri, sekaligus pembina acara ini, para kakak alumni, serta panitia dari siswa/i kelas 12 MAN 4 Jakarta mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk memaksimalkan pertunjukkan pada 25 November 2021.

Walaupun pandemi saat ini sudah mulai mereda, namun acara ini tetap diadakan secara virtual. Dengan persiapan–persiapan yang telah terlaksana seperti instrument audio, pembagian lirik yang telah disiapkan oleh Pak Ama dibantu juga oleh para kakak alumni, rekaman video di rumah masing-masing, dan kegiatan lainnya. Pada Bulan September 2021, Pak Ama memberi tugas kepada masing-masing panitia kelas 12 untuk pelaksanaan pada acara tersebut. Selama prosesnya, tentu saja membutuhkan komunikasi antara Pak Ama dan para panitia kelas 12 dengan diadakan nya beberapa kali pertemuan secara online. Hal ini untuk memantau sejauh mana proses yang sudah dilaksanakan.

Awal mula kegiatan ini adalah dengan pembagian lagu yang telah ditentukan oleh Pak Ama kepada masing-masing kelas. Dilanjutkan dengan pemilihan judul konser virtual berdasarkan voting terbanyak oleh para panitia kelas 12. Setelah itu semua siswa/i kelas 12 diberi waktu satu sampai dua minggu untuk merekam audio serta video mereka di rumah masing-masing dan dikumpulkan di Google Sites yang telah disediakan. Rekaman audio yang telah dikumpulkan para siswa/i kemudian dipilih oleh tim audio editor sesuai dengan ketentuan  dan dilanjutkan proses editing dengan bantuan beberapa kakak alumni.

Tiba saatnya penayangan Konser Virtual Hari Guru Nasional: Kita & Sejuta Rindu pada tanggal 25 November 2021. Konser Virtual ini akan ditayangkan di Virtual Meeting internal MAN 4 Jakarta ,Youtube MAN 4 Jakarta TV dan juga kita mendapat bantuan promosi dari Jakarta Akhir Pekan. Seluruh civitas akademika MAN 4 Jakarta pasti akan sangat menikmati dan menyukai persembahan konser virtual yang akan kami tampilkan nantinya. Terlaksana nya projek Konser Virtual Hari Guru Nasional ini membuktikan, walaupun sedang dalam masa pandemi, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk menghasilkan karya yang sangat mengagumkan terutama dalam memperingati hari-hari nasional.

Kami berikan apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Ama Gusti selaku guru kesenian MAN 4 Jakarta, pendiri, sekaligus pembina konser virtual Hari Guru Nasional ini, untuk seluruh panitia dan siswa/i kelas 12 serta bantuan dari para alumni MAN 4 Jakarta yang juga membantu dalam persiapan konser virtual ini.

Semoga dengan diadakannya acara ini kita dapat lebih menghargai jasa para guru yang sangat berjasa bagi pendidikan kita . Saya sebagai perwakilan panitia dalam acara ini mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional untuk semua guru-guru yang ada di dunia ini! Selalu hormati gurumu, dan terus semangat menggapai tujuan yang diinginkan.

(Siti Nabila Aurelia, 12 IPS 4)