MAN 4 Jakarta Selatan (02/03/ 2024) – Kedatangan Syekh dari Al-Azhar yaitu Syekh Ahmad Muhammad Hasan dan Syekh Sya’ban Abdul Fattah Uweis Muhammad ke MAN 4 Jakarta Selatan disambut dengan penuh antusias. Acara yang dilaksanakan setelah Dhuhur ini diikuti oleh seluruh civitas akademik MAN 4 Jakarta Selatan. Turut menyambut pula para pejabat Kementerian Agama Kota Jakarta Selatan beserta rombongan.

“Semoga kedatangan ulama dari Universitas Al-Azhar ini membawa berkah dan memberi ilmu bermanfa’at buat kita,” ujar Yunus Hasyim, Kepala Kantor Kemenag Kota Jakarta Selatan dalam sambutannnya.

Mewakili Kepala MAN 4 Jakarta Selatan, Ahmad Fitroh, juga menyambut kedatanyan syekh dengan penuh hormat. Menurutnya suatu kebanggaan MAN 4 Jakarta dapat dikunjungi ulama Al-Azhar yang sudah memiliki reputasi baik di level internasional.

“Kami terasa senang, bangga dan kagum. Sebuah kehormatan bagi kami kehadiran para guru mulia. Semoga kehadiran beliau-beliau menambah kebaikan dan keberkahan ilmu bagi kami semua, khususnya para siswa MAN 4 Jakarta Selatan,” ungkapnya dalam pidato sambutan.

Wakil Kepala bidang Kesiswaan ini juga menyampaikan bahwa MAN 4 Jakarta Selatan merupakan salah satu madrasah terbaik di Jakarta bahkan di Indonesia yang memiliki lulusan yang tersebar di perguruan tinggi di berbagai kota di tanah air dan juga lulusannya banyak menjelajah di berbagai kampus di luar negeri, termasuk di Mesir.

Dalam kesempatan ini Syeikh Ahmad Muhammad Hasan dan Syeikh Sya’ban Abdul Fattah Uweis Muhammad memberikan ijazah Al-Qu’an pada dua surat Al-Fatihah dan Al-Falaq. Ijazah ini diperuntukan bagi peserta yang hadir dan juga terkhusus para imam tarawih yang tengah menjalani program pengabdian masyarakat sebagai imam shalat tarawih di masjid-masjid di Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan. Diharapkan dengan ijazah dari syekh, bacaan Al Qur’an siswa menjadi lebih baik karena mengikuti qiraat Al-Quran para imam yang sesuai dengan kaidah keilmuan dan dapat dipertanggungjawabkan dunia akhirat.

Kedatangan Syekh dari Al-Azhar ini merupakan rangkaian Safari Ramadhan atas kerja sama Kementerian Agama RI dengan Al-Azhar University.