Pandemi Covid-19 telah merubah banyak hal dalam kehidupan. Sudah hampir 2 tahun kita hanya dapat melaksanakan seluruh aktivitas di dalam rumah masing-masing untuk tetap melanjutkan kehidupan dengan segala keterbatasan. Sudah banyak sekali korban berjatuhan, rasanya mendengar berita orang meninggal dunia adalah persoalan biasa seperti halnya mendengar cuitan burung pada pagi hari. Banyak orang terpaksa berhenti bekerja dan menjadi tuna karya. Perubahan juga  terjadi pada bidang pendidikan, sekolah dilaksanakan secara daring sehingga  para siswa/i banyak yang belum pernah bertemu langsung bahkan juga ada yang belum mengenal satu sama lain dalam satu angkatan.

Namun hal tersebut tidak menghalangi kami untuk berkarya, dalam merayakan Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 MAN 4 Jakarta menyelenggarakan “11th Grade Virtual Concert: Wave of Youth” yang menampilkan lebih dari 300 siswa menyanyikan serta memainkan beberapa band sebagai instrumen lagu-lagu Indonesia maupun barat yang berbeda-beda setiap kelasnya bertemakan pemuda/i. Ini merupakan konser perdana kelas 11 tahun ini dengan tujuan membangkitkan semangat jiwa pemuda terhadap pembelajaran di masa pandemi dalam era digital saat ini, sebagai wadah siswa/i untuk saling mengenal satu sama lain, dan juga untuk mengapresiasi karya seni. Bersama Pak Ama Gusti, guru kesenian MAN 4 Jakarta, sang pendiri, sekaligus pembina acara ini, para kakak alumni, serta panitia dari siswa/i kelas 11 MAN 4 Jakarta mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk memaksimalkan pertunjukkan pada 28 Oktober 2021.

Walaupun pandemi saat ini sudah mulai mereda, namun acara ini tetap diadakan secara virtual. Karena sebagian persiapan acara sudah terlaksana seperti instrument audio, pembagian lirik yang telah disiapkan oleh Pak Ama dibantu juga oleh para kakak alumni, rekaman video di rumah masing-masing, dan kegiatan lainnya. Pada Bulan Juli 2021, Pak Ama memberi tugas kepada masing-masing panitia kelas 11 untuk dilaksanakan pada acara tersebut. Selama prosesnya, tentu saja membutuhkan komunikasi antara Pak Ama dan para panitia kelas 11 dengan cara mengadakan beberapa kali pertemuan secara online. Hal ini untuk memantau sejauh mana proses yang sudah dilaksanakan.

Awal mula kegiatan ini adalah dengan pembagian lagu yang telah ditentukan oleh Pak Ama kepada masing-masing kelas. Dilanjutkan dengan pemilihan judul concert virtual berdasarkan voting terbanyak oleh para panitia kelas 11. Setelah itu semua siswa/i kelas 11 diberi waktu satu sampai dua minggu untuk latihan dan merekam audio serta video mereka di rumah masing-masing dan dikumpulkan di Google Sites yang telah disediakan. Rekaman audio yang telah dikumpulkan para siswa/i kemudian diedit oleh para kakak alumni.

Pengeditan audio pun selesai. Di awal Bulan September para editor video mulai mengedit rekaman video kami sampai dengan selesai. Untuk lebih memeriahkan acara ini pada saat memasuki akhir lagu yaitu A Million Dreams – The Greatest Showman, para special singer yang terdiri dari Andi Tiara Haura Rania, Bunga Aisyah Wiarto, Evan Yursaldi, dan Fayza Fidelya pun ikut serta mengisi ke dalam lagu tersebut.

Tiba saatnya penayangan Konser Virtual Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021. Konser Virtual Hari Sumpah Pemuda yang ditayangkan di Virtual Meeting internal MAN 4 Jakarta dan Youtube MAN 4 Jakarta TV dengan berjalan dengan lancar. Seluruh civitas akademika MAN 4 Jakarta sangat menikmati persembahan konser virtual tersebut. Terlaksanannya Konser Virtual Hari Sumpah Pemuda ini membuktikan, walaupun sedang dalam masa pandemi, namun hal tersebut tidak menjadi penghalang untuk menghasilkan karya yang sangat mengagumkan terutama dalam memperingati hari-hari nasional.

Kami berikan apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Ama Gusti selaku guru kesenian MAN 4 Jakarta, pendiri, sekaligus pembina konser virtual Hari Sumpah Pemuda ini, untuk seluruh panitia dan siswa/i kelas 11 serta para alumni MAN 4 Jakarta yang juga membantu dalam persiapan konser virtual ini, untuk alumni MAN 4 Jakarta yang turut membantu dalam persiapan Konser Virtual Sumpah Pemuda ini, Dwi Putranto Priyono (Music director dan Composer), Ananda Muhammad Bisma (Audio Editor), Hisyam Muhammad Fattan, Muhammad Hafizh Nurian, Alifian Zilo, dan Muhammad Farrel Wibowo (Video Editor). Sumpah pemuda merupakan awal peristiwa pergerakan pemuda dalam kemerdekaan Indonesia. Pergerakan pemuda sebagai tulang punggung perjuangan Bangsa Indonesia telah menorehkan catatan emas bagi bangsa ini salah satunya ditandai dengan kemerdekaan Indonesia. Semoga dengan diadakannya acara ini kita dapat lebih menghargai perjuangan para pahlawan yang sangat berjasa bagi negara kita tercinta. Kami sebagai perwakilan panitia dalam acara ini mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda! Jadilah pemuda yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan ukirlah prestasi setinggi mungkin. Karena masa muda adalah sebuah perjalanan bukan tujuan.

(Puteri Nurlaili Safitri dan Marsha Azzahra)