Aisha Najla Sheera atau yang lebih akrab dipanggil Aisha dari kelas X-3 menorehkan prestasinya sebagai peserta terbaik pada program Pesantren Kilat (Sanlat) yang diadakan oleh Baznas dan TNI AL. Anak pertama dari dua bersaudara ini lahir di Jakarta pada tanggal 21 Januari 2008. Dia juga pribadi yang memiliki hobi memasak dan melukis.

Aisha merupakan siswi kelas X 3 MAN 4 Jakarta. Ia mengikuti kegiatan Sanlat ini bersama delapan teman dari MAN 4 Jakarta.

Program Pesantren Kilat ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Baznas, BPKH, dan TNI AL selama tiga hari 2 malam di kapal TNI AL. Selama kegiatan, para peserta dilatih kedisplinan, kerjasama tim, solidaritas, dan kebersamaan. Tak hanya itu, para peserta juga mendapat materi keislaman dalam bentuk diskusi dan ceramah dari tokoh-tokoh profesional. Pada akhir kegiatan, terdapat bakti sosial yang dilaksanakan dengan membersihkan sampah di ujung Pulau Jawa, penanaman mangrove, dan pembagian sembako untuk warga yang membutuhkan.

Pada awalnya Aisha tidak menyangka akan menjadi peserta terbaik pada kegiatan ini, sebab dia merasa seluruh peserta melakukan dengan maksimal dalam mengikuti setiap sesi kegiatan. Begitu juga dengan Aisha yang mengerjakan tugas dan pelaksanaan materi pembelajaran dengan sungguh-sungguh dan maksimal dengan mengedepankan solidaritas bersama rekan timnya.

Perjalanan Aisha menjadi peserta terbaik dimulai ketika dia mendapat informasi mengenai kegiatan ini secara mendadak. Walaupun dia mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini di waktu yang mepet, alhamdulillah dia lolos seleksi dari ribuan pendaftar dan masuk ke 500 peserta. Aisha menuturkan bahwa ketertarikannya mengikuti program ini sebab pesantren kilat di atas kapal perang pasti akan menjadi pengalaman yang berbeda dan sangat diimpikan olehnya.

Setelah mengikuti kegiatan pesantren kilat ini, Aisha merasakan jiwa kemandirian dan kedisiplinan yang semakin terasah dan berkeinginan tahun depan untuk mengikuti kegiatan ini atau serupanya. (KJS 2024)