MAN 4 Jakarta Selatan (30/06/2023) – “Jika kamu tidak akan pernah mencoba, kamu tidak akan pernah tahu”, sebuah kalimat bijak yang menjadi pijakan salah satu siswi terbaik MAN 4 Jakarta Selatan, Definda Putri Arisna. Ia baru saja mengikuti event Youth Summit : Transforming Education in Southeast Asia sebagai salah satu pembicara mewakili Indonesia di Filipina.

Semua bermula dari ketertarikan putri pertama dari pasangan Uswatun Hasanah dan Indratono Firdayanto pada tahun 2021 untuk membuat sebuah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan bersama siswa MAN 4 Jakarta lainnya (Vanessa Amroe dan Andi Najda (XII IPA 1), Adinda Polla (XII IPS 3)) serta beberapa teman dari sekolah lain. Di organisasi ini Definda dan teman-temannya melakukan banyak diskusi mengenai tips dan trik belajar, mendaftarkan diri di PTN dan kampus luar negeri ataupun berbagi pengalaman dalam penulisan esai yang biasanya diminta oleh kampus saat pendaftaran. Hasil diskusi tersebut dibagikan di media sosial organisasi mereka yang bernama Nabastala Semesta.

Selain aktif di organisasi, Definda juga melakukan beberapa riset dengan bimbingan para guru di sekolahnya, MAN 4 Jakarta Selatan. Bermodalkan pengalaman berorganisasi dan hasil salah satu riset Definda dan partner risetnya, M. Fahreza (XII IPA 1) yang dibimbing oleh Sakina Rizqiani (Guru Biologi), Definda lalu mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu pembicara di ajang SEAMEO se-Asia Tenggara. SEAMEO INNOTECH merupakan perkumpulan Kementerian Pendidikan se-Asia Tenggara yang bergerak di bidang inovasi dan teknologi pendidikan.

Definda merasa tidak percaya mendapatkan kesempatan istimewa tersebut, “Sembari proses mendaftar beasiswa saya terus aktif di organisasi. Salah satunya dengan mengikuti seleksi Seameo innotech ini”.

Seperti  yang diberitakan sebelumnya, Definda adalah salah satu siswa MAN 4 Jakarta Selatan yang duduk di kelas XII IPA 1 dan diterima di lima kampus di luar begeri yaitu :

1. Wageningen University and Research, Netherlands: Food and Technology,

2. Monash University, Australia: Bachelor of Science Program

3. Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong: School of Science B program (Natural Science Stream) with Scholarship offer

4. University of Birmingham, Dubai: Medical, Life, and Geoscience with Integrated Foundation Year

5. Hong Kong Polytechnic University, Hong Kong: BSc (Hons) in Biotechnology, Food Safety, and Chemical Technology with 50% Tuition Fee Reduction Scholarship

6. Universitas Gadjah Mada, Indonesia: International Undergraduate Program, Biologi

Wido Prayoga, Kepala MAN 4 Jakarta Selatan menyatakan rasa bangga dan bahagianya atas prestasi yang kembali diraih oleh salah satu siswa terbaiknya ini, “Semoga ini menjadi motivasi bagi kita semua, khususnya para siswa. Saatnya menunjukkan jika siswa MAN 4 siap berpartisipasi di dunia global,” ungkapnya. (H5h)