OSIS/MPK MAN 4 Jakarta menggelar kegiatan Fontras 2021 yaitu Forum Debat Online yang diadakan pada Sabtu, 10 April 2021. Dipandu oleh MC Formal yaitu Dzikrika Rachman dan Naura Maliha serta MC Informal yaitu Fadztiya Aulia dan Malva Alliyah.

Fontras 2021 terdiri dari dua sesi Talk Show dan Debat. Menyesuaikan dengan tema Fontras 2021, “Empowering Youth as a Leader for a Golden Nation Era”, masing-masing acara membahas mengenai Indonesia Emas 2045. Pada Talk Show Sesi Pertama, Andhika Sudarman selaku Narasumber memberikan materi seputar Indonesia 2045. Lalu di Talk Show Sesi Kedua bersama Indah Shafira dengan M. Raihan Ananda selaku Moderator, diadakan Sesi Tanya Jawab mengenai Pemuda dan Indonesia 2045.

Terdapat dua Sesi Debat di Fontras 2021, pertama Debat Forum dan yang kedua Debat Pro Kontra. Debat Forum dimoderatori oleh Arya Alifa Mukti. Dalam Debat Forum peserta akan berdiskusi dalam berbagai kelompok untuk menemukan solusi atas permasalahan berbagai aspek yang menunjang terwujudnya Indonesia Emas 2045. Sementara itu Esther Nathalia menjadi moderator untuk Debat Pro Kontra. Dalam Debat Pro Kontra para peserta terbagi dalam kubu pro dan kontra untuk mendebatkan persoalan “Bonus Demografi di 2045” serta “Penanganan Pandemi oleh Pemerintahan”.

Acara turut dimeriahkan dengan penampilan Ekstrakurikuler Samara dan Akustik MAN 4 Jakarta. Di penghujung acara, panitia memberi nominasi dan penghargaan kepada peserta. Berikut nominasi dan pemenang:

  1. Juara Umum Pro Kontra: Ananda Rafli Juliansyah – SMKN 6 Tangerang Selatan
  2. Juara Umum Forum: SMAN 7 Tangerang Selatan
  3. The Most Hard Working: Ghaitza Zahira Shofa – SMAN 7 Tangerang Selatan
  4. The Best Team Chemistry: SMAN 6 Jakarta
  5. The Most Critical: SMA Swasta Katolik Budi Murni 1
  6. The Well Behaved: MA Al-Azhar Asy-Syarif
  7. The Best Solution: Tim B Breakout Semi Besar

Diakhir acara, panitia dan peserta melakukan foto dan tanda tangan bersama. Acara Fontras tahun 2021 berlangsung dengan meriah.


Penulis:

Chiquita Raissa Azzah

Naia Siti Nisriinaa Putri

Editor : ADM