MAN 4 Jakarta Selatan (15/03/2024) – Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kembali menggelar ajang talenta unggul di bidang sains, Olimpiade Sains Nasional (OSN). Dalam kerangka program Manajemen Talenta Nasional (MTN), BPTI/Puspresnas melakukan pembinaan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit-bibit talenta unggul di bidang riset dan inovasi; seni dan budaya; serta olahraga.

Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, MAN 4 Jakarta turut serta dalam pembinaan bibit-bibit talenta unggul melalui simulasi OSN. Kegiatan ini didasarkan pada minat dan bakat peserta, yang merupakan bagian dari perhatian serius pemerintah terhadap anak-anak berprestasi di berbagai bidang ketalentaan.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan ajang bergengsi bagi peserta didik SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, dan SMA/MA/Sederajat. Ajang OSN diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Kepala MAN 4 Jakarta, Wido Prayoga mengatakan bahwa simulasi OSN ini merupakan langkah awal bagi para peserta didik untuk mengasah kemampuan dalam bidang sains. “Kami berharap melalui simulasi ini, para peserta didik dapat terus mengembangkan minat dan bakatnya, sehingga dapat bersaing secara sehat dan meraih prestasi yang gemilang di OSN sesungguhnya,” ujarnya.

Simulasi OSN dilaksanakan hari ini jum’at 15 maret 2024 dari pukul 07.00 s/d 10.00 di Labkom MAN 4 Jakarta yang diikuti oleh 45 peserta meliputi 9 bidang yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika, Geografi, Kebumian, Ekonomi, Astronomi. Para peserta ditantang untuk menyelesaikan berbagai soal yang menguji pemahaman dan aplikasi konsep-konsep sains. Para peserta simulasi ini nantinya akan mewakili sekolah dalam seleksi OSN tingkat kota yang akan diselenggarakan 26 – 27 Maret 2024 mendatang.

Dengan adanya kegiatan simulasi OSN ini, diharapkan dapat melahirkan bibit-bibit unggul di bidang sains yang siap berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi, serta mendorong semangat belajar dan berprestasi di kalangan peserta didik MAN 4 Jakarta.