MAN 4 Jakarta Selatan (11/10/2023) – Manajemen asrama MAN 4 Jakarta melaksanakan studi tiru keasramaan ke MAN 2 Malang pada hari ini Rabu, 11 Oktober 2023.

Asrama MAN 2 Malang atau ma’had yang bernama Al Qolam ini bediri sejak diturunkannya SK Kepala Kementerian Agama Kota Malang pada tahun 2010.

Dalam sambutan kunjungan tersebut Wido Prayoga, kepala MAN 4 Jakarta menyatakan jika kedatangan mereka adalah untuk belajar dan mengadposi hal-hal baik yang mungkin diterapkan di asrama MAN 4 Jakarta.

“Kami ingin belajar dari ma’had MAN 2 Malang bagaimana cara mendampingi siswa baik dalam kegiatan keseharian di asrama maupun pengintegrasian program asrama dan program madrasah. Seperti yang kita ketahui MAN 2 Malang merupakan MAN dengan prestasi yang tidak hanya nasional tapi internasional,” ungkapnya.

Sementara itu Muhammad Taufiq, pembina Ma’had Al Qolam MAN 2 Malang dalam paparannya menyatakan jika ada satu prinsip yang menjadi start dalam mendampingi siswa ma’had yakni tahsin Al Qur’an.

“Bagaimana mungkin anak-anak akan mempelajari ilmu-ilmu lainnya jika bacaan Al Qur’an mereka belum baik. Jadi itu projek pertama kami, memastikan anak-anak bisa membaca Al Qur’an dengan lancar dan baik,” paparnya.

“Selain itu ada tiga hal yang menjadi misi kami dalam mendidik anak-anak yaitu amil, abid dan hanif,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut selain mendapatkan pemaparan manajemen ma’had rombongan MAN 4 Jakarta juga berkesempatan berkeliling melihat secara langsung kegiatan siswa ma’had Al Qolam MAN 2 Malang. (H5h)