MAN 4 Jakarta Selatan (03/10/2023) – Hari Batik Nasional baru saja di rayakan, tepatnya pada hari Senin 02 Oktober 2023 lalu. Perayaan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa bangga dan cinta bangsa Indonesia terhadap warisan budaya leluhur, tak terkeculi siswa-siswi MAN 4 Jakarta. Dan sebagai salah satu wujud nyata, Rafila Anindya Ahmad siswi kelas X 1 MAN 4 Jakarta mengikuti lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Batik 2023 dan menyabet juara satu.

Lomba KTI Batik 2023 merupakan salah satu dari rangkaian perayaan hari batik nasional 2023 yang diselenggarakan oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI) bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

Pada lomba tersebut Rafila mengambil “Eksplorasi Etnomatematika Dan Fraktal Pada Batik Betawi Terogong Serta Pengembangan Motif Secara Digital” sebagai judul karya tulisnya.

Ide penggunaan tema batik Betawi ini diawali dari rasa prihatin Rafila terhadap berkurangnya pengetahuan masyarakat terutama generasi muda akan makna klasik dan simbol dari batik Terogong yang menggambarkan kekayaan budaya Betawi.

Selain mencari makna filosofis dan Rafila juga mencoba membuat desain batik Terogong yang terdiri dari ondel-ondel, mengkudu, pucuk rebung, rangkaian bunga dan gigi balang melalui media digital komputer.

Dalam riset yang dilaksanakan selama kurun waktu tiga minggu Rafila mendapatkan bimbingan dari ibu Raliyanti. Perjuangannya yang tidak mudah berbuah manis dengan diraihnya kemenangan sebagai juara satu KTI Batik 2023 dalam kategori lomba untuk SMA dan sederajat dengan tema Pelestarian dan Pengembangan Batik Indonesia. Selamat!. (H5h)