Azizah Putri Mardhiyah, siswi kelas XII IPS 4 akrab dipanggil Zaza. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 24 Juli 2004. Zaza merupakan anak terakhir dari dua bersaudara. Bertempat tinggal di Bintaro, Tangerang Selatan bersama ibunya yang bekerja sebagai ibu rumah tangga. Zaza menempuh pendidikannya di SDN Pesanggrahan 02, kemudian meneruskan ke SMPN 19 Jakarta Selatan, dan melanjutkan ke MAN 4 Jakarta hingga sekarang.

Zaza adalah seorang perempuan yang memiliki hobi memasak yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha. Dalam hidupnya, ia menjadikan ibu dan kakaknya sebagai role model. Ia mengaku bahwa ia selalu melihat mereka sebagai pribadi yang tangguh dan pekerja keras. Ia berusaha untuk mengikuti dan ingin menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Selama masa pendidikannya di MAN 4 Jakarta, Azizah atau Zaza ini sudah memenangkan beberapa lomba yang diselenggarakan oleh banyak lembaga swasta. Salah satu dari ajang lomba tersebut adalah Zaza telah berhasil menorehkan prestasi gemilangnya dengan mendapatkan medali emas dalam ajang KSM (Kompetisi Sains Madrasah) bidang Ekonomi 2023.

Dalam perjuangan mengejar kemenangan, Zaza melakukan banyak hal demi mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai lazimnya seorang pelajar tentulah Zaza merasakan sedikit kesulitan dalam membagi waktu antara belajar materi sekolah dan belajar materi untuk olimpiade. Mengantisipasi ini Zaza menyusun skala prioritas, yakni memulai dari tugas yang sangat penting dan yang harus segera diselesaikan sebagai pilihan pertama.

Menurutnya, materi persiapan KSM sebagian besar didapatkannya dari mentor. Selain itu, Zaza juga suka membaca buku yang relevan dengan materi olimpiade di perpustakaan. Untuk menambah wawasan, ia sering mencarinya dari berita di internet. Tentunya ia tidak sendiri dalam melalui perjalanan panjang ini. Zaza mengaku bahwa ia selalu dibimbing dan didampingi oleh salah satu guru MAN 4 Jakarta yakni Bu Rita. Beliau telah mendukung dan menemaninya sejak ia mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2023 yang dilaksanakan sebelum KSM.

Mempelajari materi, ternyata tidaklah cukup bagi Zaza. Ia masih harus memersiapkan beberapa hal yang perlu disiapkan dengan matang. Sebelum lomba, Zaza mempersiapkan diri dengan mengulang kembali materi-materi dan mengkonsultasikan hal-hal yang masih diragukan kepada mentornya. Pesan Zaza, dalam meraih hal apa pun termasuk prestasi dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam proses belajar. Kita tidak boleh banyak mengeluh dalam berjuang dan harus selalu menggunakan waktu luang untuk menambah pengetahuan yang bermanfaat. Tim KJS