MAN 4 Jakarta Selatan (05/05/2024) – Tim riset MAN 4 Jakarta kembali berhasil menorehkan prestasi medali emas dalam kompetisi riset Indonesia International Invention Expo (IIIEX) 2024. Tim yang terdiri dari Putra Haikal Kristanto selaku ketua tim, Muhammad Hafidzan Rizqullah, Muhammad Hafdha Syafana Noor, Rahmania, dan Keyza Sabilla selaku anggota tim sukses meneliti tentang solusi penghambat pembusukan cabai merah dengan biofilm pektin dari kulit pisang kepok dan ekstrak kulit lemon.

Menurut Putra, cabai merah merupakan salah satu komoditas yang banyak dibutuhkan masyarakat dalam pengolahan makanan dan harganya sering tidak stabil. Di sisi lain, cabai merah memiliki masa simpan yang relatif singkat, sehingga rentan mengalami pembusukan. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan adanya proses pengawetan untuk memperpanjang masa penyimpanan cabai merah.

Hafidzan menambahkan, selama ini untuk proses pengawetan sayuran dilakukan dengan pestisida maupun plastik pelindung yang tentunya kurang ramah lingkungan. Sebagai solusinya, kami menggunakan biofilm dari pektin kulit pisang dan ekstrak lemon sebagai pengawet pada cabai merah.

Sementara menurut Hafdha, penelitian yang mereka lakukan cukup sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang aman dan dapat dijumpai di sekitar kita seperti kulit pisang dan ekstrak kulit lemon.

Putra dan timnya mengaku perjuangan untuk menyelesaikan penelitian dan meraih prestasi riset tidak sia-sia dan berharap penelitian yang mereka lakukan dapat terus dikembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Mereka juga tidak menyangka memperoleh medali emas dan Special Award dari Malaysia Young Scientists Organization (MYSO) pada bidang Food Science mengalahkan peserta dari sekolah menengah atas lain.

Penelitian tentang pembuatan biofilm dari pektin kulit pisang dan ekstrak kulit lemon ini dilakukan selama 3 minggu di MAN 4 Jakarta dengan guru pembimbing Nugroho Wahyu Sumartono.

Kompetisi IIIEX merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh IYSA berkerja sama dengan Politeknik Negeri Semarang. Di tahun ke-3 ini IIIEX 2024 dilaksanakan pada 29 April – 2 Mei 2024 dan diikuti oleh 287 tim yang berasal dari berbagai negara seperti Indonesia, Turki, Thailand, Meksiko, Vietnam, UEA, Malaysia, Filipina, Khazakhtan, Iran, Singapura, Republik Kongo, dan Turkmenistan.

Sebanyak 71 tim mengikuti kompetisi secara offline dan 216 tim yang mengikuti kompetisi secara online. Adapun bidang yang dilombakan yakni Chemistry, Environment, Food Science, Electronic and IoT, Social Science, Physics and Engineering, and Live Science. (WN)