MAN 4 Jakarta Selatan (22/09/2023) – Hari ini Jum’at, 22 September 2023 seluruh Guru dan Tanega Kependidikan (GTK) mengdapatkan pembekalan penguatan Madrasah Ramah Anak (MRA) oleh salah satu komisaris KPAI, Aris Wido Laksono.

Hal tersebut merupakan langkah konkrit MAN 4 Jakarta untuk mewujudkan lingkungan madrasah yang ramah terhadap anak, keramahan yang tidak hanya meliputi fasilitas yang ramah terhadap anak tetapi juga suasana madrsah yang ramah terhadap psikologi anak.

Dalam kesempatan tersebut Wido Prayoga kepala MAN 4 Jakarta meminta kepada seluruh GTK agar betul-betul menyimak pemaran yang akan disampaikan guna menjadi pedoman penyelenggaraan MAN 4 Jakarta sebagai madrasah ramah anak.

“Madrasah kita menyandang predikat sebagai Madrasah Ramah Anak tidak hanya sebagai pilot project dari Kementerian Agama tetapi menjadi kebutuhan kita semua agar menciptakan suasana ramah anak dalam semua aspek fisik dan non fisik di MAN 4 Jakarta,” ungkapnya.

“Mari kita simak pemaparan pada hari ini dan implementasikan agar kita memiliki karakter pendidik yang ramah anak. Kita akan menjadi role model bagi anak-anak,” tambah Wido.

Dalam pemaparannya Aris menyatakan jika ada satu pun lingkungan yang bersih dari tindakan pelanggaran hak anak. “Lembaga pendidikan merupakan salah satu tempat yang rentan terjadinya pelanggaran hak anak. Bapak, ibu harus peka dan waspada terhadap pergaulan anak didik bapak, ibu sekaligus juga harus faham tentang hak anak dan kewajiban untuk melindungi anak,” paparnya.

“Spirit ramah anak harus menjiwai madrasah secara menyeluruh. Aturan, sarana prasarana, ucapan dan sikap semuanya harus mencerminkan sikap dan prinsip ramah anak,” jelasnya. (H5h)