MAN 4 Jakarta Selatan (21/05/2024) – Sosialisasi pemilihan kelompok mata pelajaran sebagai persiapan pembelajaran di kelas XI pagi ini diikuti oleh peserta didik kelas X. Sosialisasi ini dilakukan oleh Tim Akademik MAN 4 Jakarta Selatan bertempat di Masjid Darul Falah.

Kelompok mata pelajaran merupakan sejumlah mata pelajaran yang disusun untuk memfasilitasi siswa dalam memilih mata pelajaran di Fase F (kelas XI dan XII).

Menurut Kurikulum Merdeka Belajar, peserta didik diberi kebebasan untuk memilih sendiri mata pelajaran yang sesuai dengan kompetensi, minat, dan bakatnya.

Di MA Negeri 4 Jakarta kelas atau rombongan belajar pada Fase F terbagi ke dalam beberapa kelompok dengan komposisi mata pelajaran yang berbeda. Kelompok ini disusun berdasarkan data yang diusulkan oleh siswa.

“Siswa kita beri kesempatan untuk mengajukan mata pelajaran yang akan mereka pelajari di Fase F. Selanjutnya kita tentukan kelas mereka dengan nilai rapot semester di fase E (Kelas X) dan hasil Asesmen Bakat dan Minat (ABM) sebagai pertimbangan” ungkap Srimayati, Wakil Kepala Madrasah bidang Akademik. (H5h)