Senin, 16 Mei 2024, MAN 4 Jakarta Selatan kedatangan tamu dari Jepang yaitu Ms Haruko. Beliau bertandang untuk bersilaturahmi melanjutkan kebersamaan yang selama ini sudah terjalin dengan MAN 4 Jakarta. Namun kali ini kehadiran Ms Haruka sangatlah istimewa karena beliau mengajak serta kedua orangtuanya yaitu Ms Michiko dan Mr Fujio yang saat ini berusia sekitar 82 tahun.

Ms Haruko mengajak juga kedua orangtuanya untuk masuk kelas, dan memperkenalkan diri dihadapan para siswa kelas X-9. Kebetulan materi yang sedang dibahas adalah tentang family atau Kazoku dalam bahasa Jepang. Di kelas yang diampu oleh Nia Kurniash sensei (guru Bahasa Jepang) para siswa bisa langsung berkomunikasi, melakukan tanya jawab tentang keluarga dengan keluarga kecil ini.

Ms Haruko memberikan apresiasi kepada siswa yang dapat menjawab pertanyaan, mengajukan pertanyaan. Wahh anak-anak senang sekali mendapat hadiah kecil khas Jepang dari tamu spesial mereka.

Selanjutnya beberapa siswa melakukan presentasi tentang keluarga mereka masing-masing tentunya dalam Bahasa Jepang dengan menggunakan Power point (PPT) yang sudah mereka siapkan sebelumnya. Selesai presentasi, Ms Michiko dan Mr Fujio mengajukan pertanyaan terkait keluarga siswa yang menyampaikan presentasi. Kembali, anak-anak mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi dari Ms Michiko dan Mr Fujio.

Pesan dari Ms Michiko dan Mr Fujio adalah, jangan malu untuk berbicara bahasa asing. Dengan semakin banyak berkomunikasi, maka kita akan terbiasa dengan bahasa yang kita pelajari.
Sebagai informasi kepada siswa-siswa di kelas tersebut, Mr Fujio dan Ms Michiko juga menyampaikan pengalaman mereka selama 8 tahun tinggal di Los Angeles. Dan saat ini mereka bekerja sebagai konsultan bagi orang-orang Jepang yang akan bertugas di luar Jepang.

Ayoo semangat!! Ganbarimashou!!