MAN 4 Jakarta Selatan (20/05/2024) – Sejumlah 533 orang peserta didik kelas X dan XI mengikuti ujian tahfidz semester genap TP. 2023/2024 di kelas masing-masing

Tahfidz merupakan mata pelajaran muatan lokal untuk Madrasah se-DKI Jakarta. Adapun target Capaian Kompetensi untuk Madarsah Ibtidaiyah adalah juz 30, Madrasah Tsanawiyah juz 29 dan Madrasah Aliyah juz 28 tak terkecuali di MAN 4 Jakarta.

Meskipun demikian untuk memfasilitasi serta memotivasi minat tahfidz siswa di MAN 4 Jakarta sendiri terdapat ekstrakurikuler tahfidz. Di organisasi ini siswa dan siswi yang memiliki animo atau pun sudah menghafal lebih dari juz yang menjadi target kurikulum mendapatkan bimbingan.

“Untuk menjaga kwalitas tahfidz anak-anak sekaligus untuk mentashih hafalan mereka secara resmi MAN 4 Jakarta bekerja sama dengan Univeristas Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur’an Jakarta,” ucap Wido Prayoga, Kepala MA Negeri 4 Jakarta.

“Dalam satu tahun kami melaksanakan dua kali sertifikasi tahfidz, tepatnya satu kali di semester ganjil dan satu kali di semster genap.”

“Dengan sertifikat tahfidz anak-anak akan memiliki rasa tanggung jawab dan komitmen yang tinggi untuk menjaga hafalan mereka. Selain itu sertifikat tahfidz juga bisa digunakan sebagai alat bukti prestasi untuk masuk ke Perguruan Tinggi melalui jalur thafidz.” imbuhnya. (H5h)