Jakarta (MAN 4) – PMR MAN 4 Jakarta bekerja sama menyelenggarakan kegiatan donor darah dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Selatan yang diadakan di Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta (MAN 4 Jakarta) pada hari Selasa (9/5/2023).

Acara ini diikuti oleh pendonor darah yang terdiri dari civitas MAN 4 dan umum, di antaranya koordinator kelas, wali murid dan masyarakat umum yang dimana tujuan dari diadakan kegiatan ini ialah untuk membantu menyiapkan kantong darah yang dibutuhkan oleh rumah sakit. Selain itu, terdapat pula pengecekan kesehatan dan kadar gula darah supaya civitas dapat mendeteksi penyakit lebih awal.

Untuk menjadi pendonor darah, calon pendonor harus memenuhi kriteria yang ditetapkan yakni, Kondisi fisiknya sudah harus stabil, usiannya sudah 17 tahun, kemudian kadar HB-nya juga harusideal (tidak boleh lebih atau kurang) karena kalau anemia tidak boleh mendonorkan darahnya. Kemudian berat badan juga ada ketentuannya yakni minimal 45 kg. Menurut Maira selaku Sekretaris II PMR, menjadi pendonor tidak bisa sembarangan dan banyak hal yang harus dipertimbangkan terutama jika berkaitan dengan kondisi tubuh dan kesehatan calon pendonor. Apabila calon pendonor tidak bisa memenuhi kriteria tersebut maka mereka dinyatakan tidak layak untuk mendonorkan darahnya.

Sebelum darah diambil, pendonor melawati proses pertama yakni pengecekan kesehatan oleh dokter. Hal tersebut untuk mengetahui apakah calon pendonor layak atau tidak untuk mendonorkan darahnya. Pengecekan yang dilakukan antara lain, pengecekan HB, tensi, tes golongan darah, dan pengecekan kesehatan lainnya sesuai dengan format yang telah ditetapkan.

Donor darah memiliki banyak menfaat diantaranya, “Ada pengecekan kesehatan sehingga kita bisa mengetahui indikasi penyakit pada diri kita. Kemudian kalau kita mendonor, kita sudah bisa dikatakan sehat secara jasmani dan rohani. Karena sebelum mendonor terkadang ada yang tiba-tiba lemas atau pusing mungkin karena stres, jadi kalau sudah berhasil mendonor sudah bisa dikatakan sehat secara jasmani maupun rohani,” ujar Neyva Rifdah selaku Ketua PMR MAN 4 Jakarta. Acara ini hanya dilaksanakan pada Selasa (9/03/2023). Namun, Neyva berharap acara ini diharapkan dapat menjadi acara tahunan oleh adik-adik PMR pada periode selanjutnya

Berita KJS