Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Informatika MAN 4 Jakarta menggelar webinar yang berlangsung selama dua hari,  senin-selasa, 21 s.d 22 September 2020 dengan tema Pengenalan Dasar Videografis. Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom meeting room dengan narasumber bapak Fathan Mubin dan ibu Raliyanti.

Hari pertama mengangkat materi pengenalan singkat tentang fotografi, videografis dan sinematografi serta mempraktekkan penggunaan aplikasi editing video dengan aplikasi android di smartphone. Dilanjutkan pada Hari kedua mengusung materi penggunaan aplikasi editing video di PC.

Webinar ini ditujukan untuk perserta didik MAN 4 Jakarta dan MA Al Azhar Asyarif yang dihadiri oleh perwakilan masing-masing kelas X, XI dan XII sebanyak 450 Peserta dan didampingi pula oleh para wali kelas. Hadir dalam webinar tersebut wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, ibu Lisnur Azizah yang memberikan sambutan dan apresiasi terhadap kegiatan yang diselenggarakan.

Ketua MGMP Informatika MAN 4 Jakarta, bapak Iik Zakky Mubarok menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar merupakan upaya bagi MGMP Informatika untuk memberikan bimbingan klasikal kepada peserta didik MAN 4 Jakarta dan MA Al-Azhar Asyarif. Disamping itu pula memberikan bekal pengetahuan dasar videografis untuk peserta didik sehingga memiliki ketrampilan videografis dan dapat menghasilkan produk berupa video atau film pendek.

Kegiatan ini secara tidak langsung mendukung agenda MAN 4 Jakarta, sebagai salah satu sekolah di wilayah Jakarta Selatan yang ditunjuk untuk mengikuti lomba pembuatan film pendek yang diselenggarakan oleh Pemda DKI Jakarta, FKPT DKI Jakarta dan BNPT.

Bekerjasama dengan guru PKN, bapak Emroni dan bapak Tri Bowo Cahyadien memberikan pengarahan dan informasi mengenai tema dan konten yang mesti dibuat oleh peserta didik sesuai yang diminta dalam kriteria lomba. Hasil karya peserta didik akan dikumpul dan dinilai, selanjutnya dipilih 5 video untuk diikutsertakan dalam lomba tersebut.

(ADM)