Oleh: Tri Wibowo Cahyadien ~


Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, kehidupan kenegaraan Indonesia tidak dapat dipisahkan dari beberapa peristiwa penting yang terjadi pada saat Bulan suci Ramadhan. Berikut adalah peristiwa penting di awal kemerdekaan yang terjadi di Indonesia:

  1. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Rangkaian perjuangan bangsa Indonesia selama beberapa tahun silam menemui titik puncaknya. Perjuangan pergerakan Indonesia melalui organisasi nasional seperti Budi Utomo, Sarekat Islam, Persatuan pemuda melalui Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, peristiwa Rengasdengklok merupakan rangkaian peristiwa yang dilalui Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Setelah polemik antara golongan tua dan golongan muda mengenai cara memperjuangkan kemerdekaan Indonesia akhirnya Indonesia memutuskan Kemerdekaan Indonesia terjadi pada 17 Agustus 1945 M (9 Ramadhan 1364 H). 

  1. Pengesahan RUUD 1945 menjadi UUD 1945

Setelah proklamasi kemerdekaan RI dilakukan pada tanggal 17 Agustus 1945 M (9 Ramadhan 1364 H) maka diperlukan adanya landasan hukum dalam penyelenggaraan negara, susunan pemerintahan serta pembentukan lembaga negara. Dengan kesadaran akan kondisi tersebut, maka pada tanggal 18 Agustus 1945 M (10 Ramadhan 1364 H) dilaksanakanlah rapat yang dilakukan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Dan hasil dari rapat PPKI tersebut adalah Pengesahan RUUD 1945 menjadi UUD 1945, Pengangkatan Presiden dan Wakil Presiden serta pengesahan KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) sebagai lembaga negara yang merupakan cikal bakal menjadi DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) saat ini.

  1. Agresi Militer Pertama Belanda

Agresi Militer Belanda di latar belakangi oleh kekalahan Belanda dalam Perang Dunia II yang berdampak langsung pada lesunya ekonomi di Negeri Belanda. Untuk mengembalikan gairah ekonominya, Belanda membutuhkan stimulus berupa tersedianya sumber – sumber barang bernilai ekonomi. Disisi lain, untuk memudahkan rencananya tersebut, Belanda melalui Van Mook berpidato menyampaikan bahwa Indonesia berada di bawah Belanda dalam bentuk pemerintahan persemakmuran. Namun, pernyataan tersebut ditolak mentah – mentah oleh Indonesia karena telah memproklamirkan diri sebagai negara yang merdeka. Lambat laun, kondisi semakin tidak kondusif antara kedua belak pihak dan semakin memanas. Dan pada akhirnya pada 21 Juli 1947 M (3 Ramadhan 1366 H) Belanda melancarkan agresinya yang pertama. 

  1. Percobaan Pembunuhan Presiden Soekarno

Bung Karno yang saat itu sedang memimpin sidang Dewan Pertimbangan Agung (DPA) di Istana, lalu terjadi serangan yang dilakukan seorang pilot militer. Pilot yang diduga terlibat pemberontakan Permesta saat itu, menembak ke arah ruang makan Istana berharap Bung Karno ada disana yang memang sering digunakan. Peristiwa tersebut terjadi tanggal 9 Maret 1960 M (11 Ramadhan 1379 H). Sehingga tidak ada agenda kegiatan di ruang makan tersebut.


Profil Penulis