MAN 4 Jakarta Selatan (27/05/2023) – Dua pelajar MAN 4 Jakarta Selatan menyabet medali emas International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS) mengalahkan peserta dari dalam dan luar negeri. Kegiatan kompetisi tersebut diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) bekerja sama dengan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung di Bandung pada tanggal 23-26 Mei 2023.

Pasangan riset yang terdiri dari Ayla Zahara Nibras dan Nayla Anindya merupakan pelajar kelas X MAN 4 Jakarta Selatan. Keduanya melakukan riset di MAN 11 Jakarta sebagai madrasah inklusi dengan bimbingan para guru pembimbing riset MAN 4 Jakarta Selatan.

Dalam penelitian tersebut Ayla dan Nayla membuat sebuah aplikasi yang berguna bagi pelajar dengan disabilitas. Aplikasi yang dinamai EDISTA atau Education for Diverse and Inclusive Student Transformation & Advancement yang mampu mengecek Kesehatan mental pelajar dengan disabilitas.

Selain medali emas, tim MAN 4 Jakarta Selatan juga meraih penghargaan Special Awards dari  Malaysia Young Scientist Organization (MYSO). “Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi MAN 4 Jakarta Selatan. Semoga menjadi motivasi bagi semuanya baik siswa maupun para guru,” kata Wido Prayoga kepala MAN 4 Jakarta Selatan. (H5h)