Pandemi Covid-19 telah merubah kehidupan. Kita yang terbiasa melakukan aktivitas di luar rumah, hanya bisa berlindung di dalam rumah dengan segala keterbatasan untuk tetap merajut kehidupan. Banyak orang terpaksa berhenti bekerja dan menjadi tuna karya. Perubahan juga  terjadi pada bidang pendidikan. Sekolah diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar secara daring melalui rumah masing-masing. Banyak tantangan yang dialami guru maupun siswa/i di seluruh Indonesia. Namun dengan usaha dan semangat belajar yang tinggi dari siswa/i serta kerja keras seorang guru, segalanya berjalan maksimal.

Tak hanya kegiatan belajar mengajar, peringatan Hari Guru tahun 2020 MAN 4 Jakarta juga diselenggarakan secara virtual dalam “Konser Virtual Hari Guru: Pembangunan Insan Cendekia di Bumi Nusantara“. Acara yang diadakan setiap tahun ini menampilkan pertunjukkan seni kolosal yang sangat bervariasi. Menampilkan lebih dari 300 siswa, dengan kolaborasi musik, tari, drama, puisi dan masih banyak lagi. Tiap tahun, persembahan diberikan dari tiap angkatan yang berbeda. Tahun ini, karena menjadi tahun terakhir angkatan 2021 menempuh pembelajaran di MAN 4 Jakarta, giliran mereka yang memberikan persembahan terakhir untuk Hari Guru. Bersama Pak Ama Gusti, guru kesenian MAN 4 Jakarta sekaligus sang pencetus  pertunjukkan kolosal, panitia dari siswa/i MAN 4 Jakarta mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk memaksimalkan pertunjukkan pada 25 November.

Sayangnya, karena pandemi Covid-19, kemeriahan Kolosal Hari Guru yang biasanya dilakukan di lapangan Al-Ins MAN 4 Jakarta, kini harus disulap menjadi sebuah pertunjukkan virtual. Meski penuh dengan keterbatasan dan banyaknya rintangan selama perencanaan, persiapan dan pengeksekusian, namun keterbatasan bukanlah penghalang, melainkan pemicu kreativitas untuk berkarya lebih baik lagi.

Pada bulan September 2020, panitia bersama Pak Ama berdiskusi tentang konsep yang akan disuguhkan, akan dikemas seperti apa penampilannya, berkolaborasi dengan siapa saja, bagaimana teknis penyelenggaraan dan sebagainya. Disepakatilah sebuah konsep “Konser Virtual” dalam bentuk penayangan video hasil kolaborasi musik, tari dan puisi dari angkatan 2021 yang akan ditayangkan bersama pada Hari Guru melalui ​ virtual meeting.

Proses pembuatan video diawali dengan menentukan lagu. Kolosal tahun ini membawakan lagu “Guruku” (ciptaan Ama Gusti Aziz), “Hymne Guru” (Sartono), “Lathi” (Weird Genius) , “Cintaku ” (Chrisye), “Sikap Duniawi” (Isyana Sarasvati), “Guruku Tersayang” (Melly Goeslaw), “Pelangi” (HiVi) diiringi dengan band, puisi, tarian dan video kolase kelas 2021. Dibantu dengan Kak Putra Priyono, alumni MAN 4 Jakarta sebagai komposer untuk lagu-lagu di konser virtual dan Kak Fattah sebagai ​ video director & editor untuk Kolosal tahun ini. Para penampil berlatih selama  1-2 minggu untuk memaksimalkan performa saat shooting di bulan November. Di samping itu,  koordinator kelas mulai mengambil video kolase diiringi lagu “Guruku” dan lirik di secarik kertas. 

Di bulan selanjutnya, para penampil memulai perekaman video yang akan dipadukan bersama video kolase kelas. Mulai dari penyanyi, band, penari dan pembaca puisi. Banyak tantangan yang terbilang baru, seperti menyesuaikan waktu dengan yang lain, pengambilan video secara langsung sehingga harus mengikuti protokol kesehatan, ada beberapa klip yang harus ​ retake  ulang, dan masih banyak lagi. Namun dengan semangat dan tekad yang kuat, panitia dan penampil dapat melewati itu semua dengan lancar.

Tiba saatnya penayangan Konser Virtual Hari Guru tahun 2020 pada tanggal 25 November 2020. Konser Virtual Hari Guru yang ditayangkan di ​ Virtual Meeting ​ internal MAN 4 Jakarta dan Youtube berjalan dengan lancar. Semua guru, staff, dan murid-murid MAN 4 Jakarta sangat menikmati persembahan Hari Guru oleh siswa/i angkatan 2021. Terlaksanannya Konser Virtual Hari Guru ini membuktikan bahwa keterbatasan bukanlah penghalang untuk tetap berkarya.          

Apresiasi setinggi-tingginya untuk Pak Ama Gusti selaku pembuat konsep Kolosal Hari Guru yang tiap tahunnya selalu luar biasa di luar ekspektasi, untuk alumni MAN 4 Jakarta yang turut membantu dalam persiapan Konser Virtual, Kak Putra Priyono (​ Composer) dan Kak Fattahilah H (​ Video Director & Editor) serta seluruh panitia & siswa/i yang sudah berkontribusi untuk persembahan Hari Guru tahun ini. Sekali lagi, Selamat Hari Guru! Terima kasih atas dedikasi para guru untuk membangun insan cendekia, sampai jumpa tahun depan!

(XII-2020)