Alamat : Jl. Ciputat Raya No.5, RT.5/RW.8, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310. Phone Number : (021) 7690283 / 0856-9375-7858
“Menjadikan perpustakaan MAN 4 Jakarta sebagai pusat sumber informasi belajar dan pembelajaran dalam lingkup Madrasah yang berlimu pengetahuan, berakhlak mulia serta memiliki keunggulan dalam bidang akademik dan IPTEK”.
Misi
Menjadikan perpustakaan sebagai jantung pendidikan di Madrasah.
Melengkapi sarana dan prasarana.
Penataan dan penciptakaan ruang yang nyaman.
Memberikan pelayanan prima.
Melakukan upaya penambahan koleksi sesuai dengan kebutuhan.
Merintis penyelenggaraan perpustakaan berbasis digital.
Koleksi Perpustakaan
Klasifikasi
000
100
200
300
400
500
600
700
800
900
Referensi
Jumlah
Jumlah Judul
120
64
385
232
34
124
157
76
329
472
524
2517
Jumlah Eksemplar
148
102
756
482
68
384
203
76
495
802
568
4084
* Karya Umum (000)
* Filsafat (100)
* Agama (200)
* Ilmu-Ilmu Sosial (300)
* Bahasa (400)
* Ilmu-Ilmu Murni (500)
* Ilmu-Ilmu Terapan (600)
* Kesenian, Hiburan, Olahraga (700)
* Kesusastraan (800)
* Geografi dan Sejarah (900):
DATA JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN
JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN MAN 4 JAKARTA TAHUN 2025
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Total
1038
1008
1170
1073
4289
*Diupdate setiap bulan.
JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN MAN 4 JAKARTA TAHUN 2024
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Total
219
268
262
292
281
187
859
1083
1253
1093
947
467
7211
JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN MAN 4 JAKARTA TAHUN 2023
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
Total
63
76
82
79
91
62
65
78
75
70
90
54
885
Jenis Layanan Perpustakaan MAN 4 Jakarta
Layanan sirkulasi (peminjaman/pengembalian buku) : Layanan ini mencakup perpanjangan masa pinjaman dan administrasi terkait dengan peminjaman untuk pemustaka (Siswa, Guru, dan Tenaga Kependidikan) MAN 4 Jakarta, layanan sirkulasi jarak jauh dapat menghubungi melalui WA 085693757858/081291705589 (Chat-Only)).
Layanan referensi dan bimbingan informasi : Layanan yang memberikan bantuan kepada pengguna perpustakaan untuk menemukan informasi, menjawab pertanyaan, dan memberikan bimbingan dalam menggunakan koleksi referensi. Layanan ini mencakup konsultasi atau bimbingan pemustaka, layanan koleksi referensi, dan layanan karya tulis ilmiah.
Layanan e-book (digital library) : berisi kumpulan ebook buku teks perlajaran, buku fiksi, & non fiksi, dapat diakses melalui link berikut https://sites.google.com/man4-jkt.sch.id/elm4/login atau dapat scan barcode dibawah ini: (Untuk akses e-book bisa menghubungi staf perpustakaan langsung atau melalui WA 085693757858 (Chat-Only))
TATA TERTIB PERPUSTAKAAN
A. Tata Tertib di Ruang Perpustakaan:
Setiap pengunjung diwajibkan mengisi buku pengunjung.
Pengunjung dilarang merokok, makan, dan minum.
Pengunjung dilarang menimbulkan suara gaduh/bising yang dapat mengganggu pengunjung lain.
Pengunjung harus menjaga kebersihan, kerapihan, dan kesopanan.
Pengunjung tidak diperbolehkan membawa barang yang tidak diperlukan seperti tas, jaket, dan lain-lain.
Pengunjung dilarang merusak buku (merobek, melipat, mencorat-coret, atau mengotori bahan pustaka).
Buku yang telah selesai dibaca harus dikembalikan ke tempat semula.
B. Tata Tertib Peminjaman Buku
1. Prosedur Peminjaman Buku
Peminjaman buku meliputi koleksi buku perpustakaan MAN 4 Jakarta;
Pemustaka memerlihatkan Kartu Tanda Anggota (KTA)/Kartu Pelajar dan buku yang akan dipinjam kepada petugas Layanan Sirkulasi;
Peminjaman buku tidak boleh diwakilkan;
Jumlah buku yang dipinjam maksimal 3 (dua) eksemplar dengan judul yang berbeda;
Lama waktu peminjaman buku maksimal 7 (tujuh) hari;
2. Prosedur Pengembalian Buku
Memperlihatkan Kartu Tanda Anggota (KTA) kepada petugas Layanan Sirkulasi;
Waktu pengembalian buku dihitung dengan cara menambah 7 (tujuh) hari dari tanggal peminjaman; Contoh: tanggal peminjaman 1 Januari - dikembalikan tanggal 8 Januari;
Pengembalian buku tidak bisa diwakilkan;
3. Perpanjangan Masa Peminjaman Buku
Perpanjangan dapat dilakukan paling lambat pada tanggal pengembalian yang tercantum pada sistem otomasi sirkulasi;
Perpanjangan dapat dilakukan 2 (dua) kali, dihitung dengan cara menambah 7 (tujuh ) hari dari tanggal dilakukannya perpanjangan;
Perpanjangan dapat dilakukan dengan cara pemustaka datang ke bagian sirkulasi Perpustakaan MAN 4 Jakarta.
4. Sanksi Keterlambatan Pengembalian Buku
Keterlambatan pengembalian 1 - 3 hari → skors 1 minggu;
Keterlambatan pengembalian 4 - 8 hari → skors 2 minggu;
Keterlambatan pengembalian lebih dari 9 – 15 hari → skors 1 bulan;
Keterlambatan pengembalian lebih dari 16 –23 hari → skors 2 bulan;
Keterlambatan pengembalian lebih dari 24 – 31 hari → skors 3 bulan;
Keterlambatan pengembalian lebih dari 32 hari → skors 4 bulan;
Keterlambatan lebih dari 1 tahun, Kartu Tanda Anggota (KTA) dinonaktifkan sementara selama 6 bulan;
Kartu Tanda Anggota (KTA) yang diskors hanya boleh diambil oleh yang bersangkutan dengan memperlihatkan kartu identitas (Kartu Pelajar).
*Skors (masih dapat berkunjung dan membaca buku di Perpustakaan, namun tidak bisa meminjam buku untuk dibawa pulang dalam waktu yang telah ditentukan).