MAN 4 Jakarta Selatan (10/07/2024) – Pagi ini ada yang berbeda dari pagi sebelumnya. Pagi ini suasana Madrasah nampak ramai lebih pagi dari biasanya. Hari ini hari pertama masuk sekolah dimana umumnya siswa akan berebut menentukan tempat duduk mereka di kelas.

Selain sebagai hari pertama masuk sekolah hari ini juga dilaksanakan pembukaan pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) tahun pelajaran 2024/2025.

Matsama merupakan program tahunan Madrasah yang bertujuan untuk mengenalkan peserta didik baru pada lingkungan Madrasah mereka. Matsama tahun ini dilaksanakan selama tiga hari (10-12/07/2024) diisi dengan serangkaian acara baik indoor ataupun outdoor.

Dalam sambutan apel pembukaan Matsama, Ahmad Fitroh selaku wakil kepala Madrasah bidang kesiswaan memberikan ucapan selamat datang kepada siswa baru dan siswa lama yang baru saja menyelesaikan masa liburan semesternya.

Selain itu, Fitroh juga berpesan kepada seluruh siswa agar menjaga akhlak kepada guru dan orang tua.

“Guru adalah orang yang wajib dihormati dan patuhi. Guru membukakan jalan kesuksesan masa depan dengan memberikan pendidikan dan pembelajaran kepada kalian,” pesannya.

Peresmian Matsama secara simbolik dilakukan dengan menunjukkan dimulainya perjalanan sebuah kereta. Penumpang kereta tersebut diasumsikan calon peserta didik baru yang mengakhiri perjalanannya di stasiun tujuan yaitu MAN 4 Jakarta. Diharapkan agar Matsama 2024 sebagai rel kereta menjadi jalur yang mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa-masa pendidikan menengah atas atau aliyah. (H5h)