MAN 4 Jakarta Selatan (21/06/2024) – Hari ini orang tua siswa kelas X dan XI MAN 4 Jakarta mendapatkan Laporan Hasil Belajar (LHB) siswa di semester genap TP. 2023/2024.

Bersamaan dengan LHB yang dilaksanakan oleh wali kelas, bidang akademik MAN 4 Jakarta juga mengeluarkan daftar perkiraan eligible kelas X dan XI.

Eligible adalah siswa yang memenuhi kriteria untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Siswa eligible di MAN 4 Jakarta terdiri dari 40% dari seluruh jumlah siswa di setiap angkatan.

Srimayati, Wakil kepala Madrasah bidang akademik mengatakan tujuan mengeluarkan daftar perkiraan eligible adalah untuk memberikan informasi gambaran posisi eligible di semester tersebut.

“Dengan dikeluarkannya perkiraan daftar eligible di akhir semester kami berharap siswa akan termotivasi. Data tersebut menjadi gambaran kasar kompetensi siswa di antara teman-temannya,” paparnya.

Setiap tahun pengumuman eligible oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) menjadi hal yang ditunggu oleh siswa kelas XII. Pengumuman tersebut menjadi satu-satunya sumber yang menginformasikan kesempatan mereka untuk bisa diterima di PTN melalui jalur SNBP.

Menindaklanjuti hal tersebut bidang akademik MAN 4 Jakarta menginisiasi dikeluarkannya perkiraan daftar eligible di setiap semester. Data ini bisa digunakan siswa untuk memperkirakan kemungkinan masuk atau tidaknya sebagai siswa eligible sebagai prasyarat SNBP. (H5h)