MAN 4 Jakarta Selatan (18/06/2024) – Semarak idul adha mewarnai tidak hanya di hari raya melainkan juga pada tiga hari setelahnya. Tiga hari yang disebut dengan hari tasyrik ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dengan penyembelihan qurban, tak terkecuali di MAN 4 Jakarta.

Pada tahun ini, 1445 H, MAN 4 Jakarta berhasil mengumpulkan 8 ekor sapi dan 6 ekor kambing qurban. Qurban tersebut berhasil dihimpun dari partisipasi qurban guru, tenaga kependidikan, siswa, orang tua siswa dan infak civitas MAN 4 Jakarta.

Sebagaimana tahun sebelumnya penyaluran daging qurban dialokasikan kepada masyarakat sekitar, guru, tenaga kependidikan dan siswa. Adapun pelaksana pengelolaan qurban ini melibatkan panitia yang terdiri dari GTK dan OSIS/MPK.

Berqurban merupakan salah satu ibadah yang pertama kali diperintahkan kepada Nabi Ibrahim AS. Oleh karena itu, dengan pelaksanaan qurban di MAN 4 Jakarta sejatinya adalah penanaman karakter yang tumbuh sebagai hikmah berkurban seperti ketaatan, kepedulian sosial, ketaatan, penanggalan ego dan pengabdian. (H5h)