MAN 4 Jakarta Selatan (17/06/2024) – Menyusul kesuksesan temannya yang diterima di sembilan kampus luar negeri Putra Haikal Kristanto, seorang siswa MAN 4 Jakarta juga tembus Sembilan kampus luar negeri. Kali ini keberuntungan tersebut dimiliki oleh Fabian Budi Darmawan, atau akrab dipanggil Fabian yang merupakan Putra pasangan Budi Siswanto dan Yenni.

Siswa kelas XII IPA 2 sekaligus santri asrama MAN 4 Jakarta yang lahir di Pekanbaru, 30 Juni 2006 mengawali langkahnya menembus kampus luar negeri dengan memahami passion diri dalam bidang akademik. Berbekal hal ini ia lalu banyak mencari informasi tentang kampus yang dituju, beasiswa, awardee, serta alumni. Untuk lebih menguatkan lagi ia juga memiliki mentor yang dapat membimbing dan membantu melalui semua proses pendaftaran mulai dari mencari informasi, menulis essay, sampai latihan wawancara.

Berikut adalah nama-nama kampus luar negeri yang berhasil ditembus:

  1. University of Debrecen (Agribusiness and Rural Development Management), Hungaria
  2. Budapest Business University (Business Administration and Management), Hungaria
  3. The Univesrity of Western Australia (Agribusiness and Agricultural Science), Australia
  4. Monash University (Bachelor of Actuarial Science), Australia
  5. University of Tasmnaia (Bachelor of Business), Australia
  6. Wageningen University (Environmental Sceinces), Belanda
  7. Kadir Has University (Industrial Engineering), Turki
  8. Uskudar University (Industrial Engineering), Turki
  9. Ozyegin University (Industrial Engineering), Turki

Fabian, yang bercita-cita sebagai Sustainable Agriculture Consultant memutuskan untuk memilih Hungaria sebagai negara yang akan dituju untuk menghabiskan masa Pendidikan tingginya. Tepatnya di University of Debrecen ia akan belajar di jurusan Agribusiness and Rural Development Management dengan beasiswa full dari pemerintah Hungaria dan juga Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) kolaborasi Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Sukses!! Madrasah Maju, Bermutu Mendunia!