MAN 4 Jakarta Selatan (28/05/2024) – Bertempat di Multimedia MAN 4 Jakarta, Madrasah tingkat ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah se DKI Jakarta telah melaksanakan program Madrasah Pandai Berhitung dengan metode Gampang, Asik dan Menyenangkan (Gasing). Kegiatan ini dilaksanakan selama enam belas hari secara Luring dan Daring dengan diikuti oleh 88 peserta.

Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan. Kunci metode GASING ini adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya.

Program ini menjadi program lanjutan setelah peluncuran resmi Madrasah Pandai Berhitung yang bertempat di Gedung Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) MAN 4 Jakarta Selatan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (16/10/2023). Tujuan dari program ini adalah menjadikan tiga juta guru dan siswa Madrasah menjadi ahli Matematika.

Sejatinya program Gasing sudah dilaksanakan sejak tahun 2021 namun sejak tahun 2023 penyebaran penegnalan metode Gasing digiatkan untuk tingkat provinsi. Ke depannya penyebaran metode Gasing akan menyasar Madrasah di tingkat kota dan sosialisasi langsung ke Madrasah-madrasah sehingga target tiga juta siswa Madrasah mendapatkan metode gasing dapat tercapai.