MAN 4 Jakarta Selatan (31/03/2024) – Rangkaian Syi’ar Ramadhan 1445 H MAN 4 Jakarta baru saja usai. Rangkaian kegiatan yang terdiri dari Imam Masjid, Qreateen, Istusiro, Pra Sanlat dan Sanlat, SG, Tahsin, Tadarrus, Bansos, Khatmil Qur’an dan Buka Puasa Bersama. Semuanya direalisasikan tidak hanya selama bulan Ramadhan bahkan sudah dimulai sejak sebelum Ramadhan dan akan berakhir pada tanggal 30 Ramadhan.

Secara resmi kegiatan Syi’ar Ramadhan ini dibuka oleh Kepala Madrasah MAN 4 Jakarta Selatan, Wido Prayoga pada tanggal 18 Maret 2024.

Secara garis besar, Syi’ar Madrasah dibagi menjadi tiga, yaitu Syi’ar yang dimotori oleh Guru, Syi’ar yang dimotori oleh siswa (OSIS dan EkskuL) dan Syi’ar yang merupakan kombinasi antara Guru dan Siswa.

Syi’ar yang dimotori oleh guru terdiri dari beberapa jenis kegiatan seperti mengirim siswa menjadi Imam Taraweh di Masjid area Jakarta, Bekasi dang Tangerang Selatan, Pemantauan Semangat Ibadah Siswa Selama Ramadhan seperti Tadarrus dan Tarawih, Pelaksanaan Pra Sanlat, Pembentukan Instruktur Tahsin dari Kalangan Siswa, Pelaksanaan Sanlat, dan Pelaksanaan Studium General.

Sedangkan kegiatan yang dimotori oleh siswa (OSIS dan Ekskul) adalah Qreateen (Qreative Ramadhan Teen) yang didalamnya terdapat agenda bantuan sosial, Istusiro (Islam itu Asyik Broo) dan Talk show seputar Ramadhan. Istusiro berisikan berbagai macam lomba Ramadhan yang menyasar peningkatan semangat dan kreativitas remaja di bulan Ramadhan. Lomba tersebut dibagi menjadi 2, yaitu lomba khusus internal siswa MAN 4 Jakarta dan lomba yang dibuka untuk umum.

Adapun kegiatan yang merupakan kombinasi antara guru dan siswa (OSIS dan Ekskul) adalah bantuan sosial. Pada bantuan sosial tahun ini terkumpul kurang lebih 400 paket yang bernilai Rp. 250.000/paket. Total bantuan sosial yang berhasil dikumpulkan dalam kurun waktu kurang dari 2 minggu itu mencai angka RP. 100.000.000. Bantuan Sosial ini kemudian didistribusikan dalam bentuk paket sembako yang disebar pada mustahiq internal MAN 4 Jakarta Selatan, lingkungan warga sekitar MAN 4 Jakarta Selatan dan panti asuhan.

Penutupan syi’ar Ramadhan dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2024 diisi dengan oleh khatmil Qur’an pertama Siswa MAN 4 Jakarta Selatan, talk show yang menghadirkan Ustadz Kasif Heer, pembagian hadiah dan penampilan akustik.

Asep Eka Mulyanudin, ketua panitia Syi’ar Ramadhan menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT serta ucapan terima kasih keada semua pihak yang telah membantu terlaksananya Syi’ar Ramadhan 1445 H MAN 4 Jakarta Selatan.

“Dalam Q.S. Al Baqoroh ayat 182 Allah SWT berfirman

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Maka seyogyanya kita menjalankan perintah puasa tersebut seraya menghidupkan Ramadhan dengan amaliyah yang mendekatkan kepada ketaqwaan. Untuk itulah tema Syi’ar Ramadhan ini kami berikan dengan Madrasah Bintang, Meraih Ketakwaan Ramadhan, dengan harapan keindahan syiar Ramadhan membentuk karakter siswa Madrasah yang Bertakwa,” paparnya penuh harapan.