MAN 4 Jakarta Selatan (01/02/2024) – Peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta pagi ini melaksanakan benchmarking atau studi tiru Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di MAN 4 Jakarta Selatan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sepuluh peserta Diklat yang terdiri dari Kasi dan pengawas Madrasah yang berasal dari provinsi Jakarta, Provinsi Banten dan Provinsi Kalimantan Barat.

Dr. Juanda, widiaiswara BDK Jakarta yang mendampingi kunjungan tersebut dalam sambutannya menyampaikan jika tujuan benchmarking ini adalah untuk mengetahui bagaimana IKM di Madrasah. Juanda berharap agar MAN 4 menjelaskan secara real dan detail teknis IKM sekaligus juga kendala-kendala yang dihadapi.

Sementara itu Wido Prayoga, Kepala MA Negeri 4 Jakarta menyampaikan jika MAN 4 pada tahun ini tengah menjalani tahun kedua IKM atau tahun pertama untuk fase F.

“Kami melaksanakan beberapa inovasi pembelajaran terkait IKM yakni dengan mengklasifikasi kelas sesuai bakat dan minat siswa. Siswa terbagi dalam kelas olympiade, kelas riset, kelas tahfidz dan lain-lain sesuai hasil tes diagnostik mereka.”

“Meskipun bapak/ibu hadir di sini untuk melaksanakan benchmarking tapi kami juga mengharapkan mendapatkan penambahan pengetahuan terkait IKM sebagai bahan referensi kami dalam melaksanalan IKM di MAN 4 ini,” ucapnya. (H5h)