MAN 4 Jakarta (25/01/2024) –
Sebanyak 85 siswa penghafal Al-Qur’an mendapatkan kesempatan mengikuti Ujian Tahfiz kategori 3 sampai 30 juz.

Ujian Tahfiz berlangsung 3 hari, sejak tanggal 23-25 Januari 2024. Peserta ujian harus menempuh ujian tahap pertama yakni lulus seleksi hafalan dan tahsin bersama Guru Pembimbing. Seleksi tahap pertama akan diranking 40 siswa terbaik. Selanjutnya, 40 siswa terbaik akan mengikuti ujian tahfiz dan tahsin secara ketat dan objektif oleh Dosen Institut PTIQ Jakarta. Peserta yang lulus mengikuti ujian akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan MAN 4 Jakarta dan Institut PTIQ Jakarta.

Sertifikasi Tahfiz sangat penting dalam rangka memfasilitasi para siswa yang memiliki hafalan Al-Qur’an lebih dari 3 Juz hingga 30 Juz.

Melalui sertifikasi tahfiz ini, Madrasah berperan memberikan motivasi kepada siswa agar tetap menjaga dan memelihara hafalan Al-Qur’an, karena hal tersebut merupakan bagian dari perintah Allah SWT (QS. Al-Hijr: 9).

Berdasarkan pengalaman tahun lalu, siswa yang hafal Al-Qur’an memiliki potensi sangat baik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi negeri favorit, seperti UGM, Universitas Indonesia, Univ. Brawijaya, UIN, dan sebagainya. [ufit]