Mustafa Ikhsan atau yang akrab disapa Ikhsan adalah ketua MPK (Majelis Perwakilan Kelas) MAN 4 Jakarta Selatan periode 2022/2023. Ia adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara yang memiliki mimpi ingin menjadi seorang duta besar. Banyak sekali cerita inspiratif dari sosoknya. Dimulai ketika ia memutuskan masuk MAN 4 Jakarta dengan memilih Program Cambridge karena ketertarikannya dengan bahasa dan hal-hal yang bersifat internasional. Bukan hanya itu, ia berharap bisa belajar di MAN 4 Jakarta yang dibalut dengan pembekalan ilmu agama.

Ikhsan sudah aktif mengikuti organisasi OSIS/MPK sejak duduk di bangku kelas X SMP Negeri 85 Jakarta. Awal menjabat di organisasi siswa di MAN 4 Jakarta adalah saat ia terpilih menjadi bendahara I MPK pada tahun 2022. Dengan tugasnya sebagai bendahara I ia berkewajiban menghimpun keuangan organisasi, mendistribusikan dan menyusun laporannya.

Seiring waktu yang terus berjalan keinginannya untuk menjadi ketua mulai ia seriusi saat pelaksanaan LDKS/LKS di periode selanjutnya. Setelah melalui proses panjang seperti wawancara, tes psikotes, sampai kaderisasi, akhirnya ia terpilih dan resmi menjadi Ketua MPK MAN 4 Jakarta periode 2022/2023.

Bukan hal yang mudah menyeimbangkan antara keperluan belajar, organisasi, dan juga keluarga. Ditambah dengan munculannya hambatan saat menjabat seperti sulitnya menyamakan visi misi antar anggota, adanya anggota yang pasif sampai kinerja yang kurang maksimal. Namun Ikhsan terus berupaya untuk menjadi sosok ketua yang rendah hati, dan bisa menghibur orang-orang di sekitarnya. Prinsip FAST (Fathonah, Amanah, Shiddiq, dan Tabligh) dari Nabi Muhammad SAW mampu membuatnya bersemangat dalam menjalani masa jabatannya serta menjadikan landasan untuk mengambil keputusan. Keteguhannya itu juga diselimuti keinginannya untuk bisa keluar dari zona nyaman dan mengembangkan kemampuan yang ia miliki.

Banyak sudah manfaat yang ia rasakan dari berorganisasi, dari mulai belajar mengatur waktu, prioritas antara belajar dan organisasi, berpikir kritis dalam menyikapi masalah-masalah yang ada, kerja sama antar sesama, serta soft skill lainnya. Terlepas dari itu semua peran wakil sebagai eksistensi dan para anggota lainnya mampu membuatnya percaya bahwa dengan kerja sama dapat memudahkan berjalannya suatu organisasi.

Ia bersyukur bisa berada dalam lingkungan organisasi khususnya MPK MAN 4 Jakarta lengkap dengan momen-momen kebersamaan, seperti mendengarkan keluh kesah dan berkumpul di tengah kesibukan menjalani tugas organisasi. Bahkan sekadar berbagi cerita dan berjalan bersama anggota organisasi telah membuatnya memiliki hal terindah yang sulit dilupakan saat menjabat sebagai Ketua MPK MAN 4 Jakarta. Ia berharap OSIS dan MPK MAN 4 Jakarta ke depannya bisa lebih maju dan dikenal oleh banyak kalangan dengan prestasi dan kualitas baiknya, serta menjadi wadah yang memberikan banyak manfaat bagi anggotanya. Berkah! (KJS 2023)