MAN 4 Jakarta Selatan (13/11/2023) – Rafila Anindya Ahmad merupakan siswi kelas X-1 Program Cambridge yang berhasil mendapatkan medali emas di ajang AHM Best Student 2023.

Rafila mengaku bahwa di balik kemenangannya itu ia harus melewati beberapa tahap demi lolos ke babak final hingga bisa meraih medali emas di tingkat nasional.

Pertama, babak penyisihan tingkat provinsi (regional). Pada tahap ini para peserta membuat paper-karya tulis ilmiah-yang nantinya akan dipresentasikan secara online. Alhamdulillah dengan segala ketekunannya Rafila lolos terpilih untuk mewakili provinsi (regional).

Tidak berhenti sampai di situ, selanjutnya tahap kedua adalah masuk ke tahap penjurian nasional dengan presentasi secara online. Dari penjurian nasional itu, Rafila masuk ke dalam urutan 10 besar untuk selanjutnya melakukan masa karantina selama 3 hari.

Selama proses karantina yang berlokasi di AHM Safety Riding & Training Center (SRTC), Deltamas, Bekasi ini, Rafila lebih mematangkan persiapan dirinya dibanding sebelumnya. Sebab, ini ialah tahap terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan di mana Rafila akan mempresentasikan hasil idenya secara offline di grand final nantinya. Beberapa hal yang dipersiapkan adalah banyak mengulang presentasi, melatih public speaking, memperbaiki PPT agar lebih menarik, dan menguasai materi dengan baik serta menyiapkan perlengkapan untuk babak final. Selain itu yang tak kalah penting adalah menjaga kesehatan karena kegiatan karantina yang sangat padat.

Pada akhirnya, kerja kerasnya itu terbayar dengan resminya ia dinobatkan sebagai peraih Medali Emas Juara 1 Tingkat Nasional Kategori Ide pada puncak penganugerahan tepatnya di Hotel Sunlake Kelapa Gading.

Selain kemenanganya meraih gold medal yang membuat banyak orang bangga, Rafila mengatakan bahwa selama proses karantina ia mendapatkan banyak hal yang amat bermanfaat. Melalui kegiatan ini dirinya dapat melihat langsung produksi sepeda motor di Pabrik Astra Honda Motor, fasilitas belajar yang tersedia di Kampus Politeknik Astra, serta pengetahuan tentang safety riding awareness.

Lebih dari itu, Rafila juga sempat belajar di kelas inspirasi mengenai team building and networking, empathy and mental health, talkshow dengan inspirative person, sosok akademisi muda Gracia Paramitha, PhD. dan Muhammad Fadli seorang atlet paralimpiade.

Tidak sampai di situ, para finalis juga sempat meet and greet dengan Bapak Thomas Wijaya selaku Executive Vice President PT AHM serta juga ada sesi edutainment di Dufan.

Rafila amat bersyukur atas semua pengalaman berharga dari kegiatan lomba AHMBS 2023 (Astra Honda Best Motor Student 2023) ini yang memberinya insight baru, menambah pengetahuan, dan menambah relasi pertemanan dari berbagai daerah.

“Saya hadiahkan kemenangan ini untuk MAN 4 Jakarta. Sebuah kebahagiaan bagi saya karena untuk pertama kalinya MAN 4 Jakarta berpartisipasi dan langsung menang” paparnya.

“Semoga menginspirasi teman-teman untuk terus berprestasi,” ungkapnya penuh harap.