MAN 4 Jakarta Selatan (02/11/2023) – Kepala Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Viola Cempaka, M.PD., menutup secara resmi Training Of Trainer (TOT) pelatihan Amtsilati Metode Praktis Mendalami Al-Qur’an Dan Membaca Kitab Kuning.

Hadir dalam penutupan yang dilanjutkan dengan ujian kelulusan pelatihan ini beberapa kepala Madrasah se-DKI Jakarta seperti kepala MAN 4, MAN 19, MTsN 4, MTsN 6, MTsN 13, MTsN 24, dan MTsN 41.

Pelatihan yang dilaksanakan selama tujuh kali pertemuan dengan kurun waktu tiga bulan ini diikuti oleh seluruh madrasah di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta yang memiliki asrama. Bertempat di MAN 4 Jakarta pelatihan ini secara rutin dilaksanakan setiap hari kamis.

Pelatihan yang sama diikuti juga oleh seluruh siswa-siswi asrama madrasah se-DKI Jakarta setiap harinya selama enam bulan. Program ini dilaksanakan dimasing-masing madrasah dengan guru-guru yang didatangkan langsung dari Jepara, pusat dari program Amtsilati itu sendiri.

Viola Cempaka, dalam sambutannya mengatakan jika tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi siswa madrasah DKI Jakarta akan materi-materi keagamaan yang menjadi ruh madrasah. “Ke depannya bapak Kakanwil DKI Jakarta merencanakan jika program ini tidak hanya dilaksanakan oleh madrasah berasrama saja melainkan dilaksanakan juga oleh seluruh madrasah se-DKI Jakarta” ungkapnya.

Hadir pula dalam acara penutupan tersebut, Kyai Warka Mustofa, Korlap Antsilati Jakarta. Beliau berharap jika setelah program pelatihan Amstilati ini selesai diikuti oleh seluruh siswa diagendakan wisuda akbar dan ajang kompetisi. “Saya berterima kasih kepada bapak kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta yang telah memberikan kami kesempatan untuk belajar bersama anak-anak madrasah. Semoga semakin banyak anak-anak yang menguasai kitab kuning dan mereka juga mampu mendalami makna-makna Al-Qur’an dengan pelatihan ini,” harapnya.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada bapak Wido Prayoga, M.Pd., kepala MAN 4 Jakarta Selatan yang telah memfasilitasi pelatihan ini. Semoga memberikan berkah kebaikan kepada semuanya,” Ucap Kyai koordiantor lapangan Amtsilati area Jakarta ini. (H5h)