MAN 4 Jakarta Selatan (14/09/2023) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta telah sukses menggelar acara simulasi mitigasi bencana di MAN 4 Jakarta pada hari Rabu, 13 September 2023. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat, terutama pelajar, tentang pentingnya persiapan dan tindakan mitigasi dalam menghadapi potensi bencana di wilayah ibu kota.

Acara pembukaan simulasi diikuti oleh lebih dari 50 peserta, terdiri dari siswa dan guru MAN 4 Jakarta. Acara yang diselenggarkan di multimedia ini berlangsung dengan meriah dan penuh antusiasme.

Pada pembukaan tersebut Wido Prayoga Kepala Madrasah menyampaikan ucapan terimakasih karena MAN 4 Jakarta telah dipilih sebagai salah satu tempat pelaksanaan sosiaiasi mitigasi bencana. “Kami sangat beruntung siswa-siswi kami mendapatkan pengetahuan serta pembekalan langsung oleh tim BPBD Provinsi DKI Jakarta. Diharapkan mereka memiliki keterampilan ketahanan diri pada kendisi-kondisi darurat musibah,” ungkapnya.

Masturo, Kasi Penmad Jakarta Selatan juga menyampaikan harapan yang sama atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Dalam kondisi alam yang tengah mengalami masa kemarau panjang kesiagaan atas bencana harus ditingkatkan. kita semua harus memiliki kemampuan untuk menyelamatkan diri dan bakan menolong orang lain,” harapnya.

Perwakilan dari Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Eka Syamsudin, yang hadir di acara tersebut juga mengucapkan terimakasih atas partisipasi aktif para siswa dan guru. “Acara ini adalah upaya membangun kesadaran bencana di wilayah ibu kota bagi kalangan siswa di Madrasah Aliyah. Pengetahuan ini penting bagi mereka mengingat pentingnya peran generasi muda dalam mitigasi bencana,” paparnya.

“Simulasi mitigasi bencana yang dilakukan oleh BPBD Provinsi DKI Jakarta di MAN 4 Jakarta merupakan langkah positif dalam membangun kesadaran bencana di kalangan generasi muda. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dari acara ini, diharapkan mereka dapat menjadi agen perubahan dalam upaya menjaga keselamatan dan kesejahteraan warga Jakarta di masa depan,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BPBD Provinsi DKI Jakarta Embay Suhaini, yang menyampaikan bah BPBD Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan materi presentasi yang informatif dan edukatif tentang jenis-jenis bencana yang berpotensi terjadi di Jakarta, seperti banjir, gempa bumi, dan kebakaran. Selain itu, mereka juga memberikan wawasan tentang cara menghadapi dan mengurangi risiko bencana tersebut. “Kami hadir untuk tidak hanya untuk mengajarkan teori tetapi juga memberi kesempatan untuk mengikuti demonstrasi praktis dalam berbagai situasi darurat, seperti pemakaian alat pemadam kebakaran, pertolongan pertama, dan prosedur evakuasi. Hal ini membantu para siswa untuk memahami tindakan konkret yang perlu dilakukan saat terjadi bencana,” ucapnya.

Jika pada saat pembukaan agenda ini hanya dihadiri oleh perwakilan saja maka berbeda dengan pada saat pelaksanaan simulasi dimana seluruh siswa kelas X, XI dan XII ikut hadir menyaksikan demonstrant para petugas. Bahkan para siswa diberi kesempatan untuk melakukan tanya jawab secara langsung.