MAN 4 Jakarta Selatan (05/03/2023) – Selama dua hari berturut-turut yakni Sabtu dan Minggu, pelaksanaan tes PPDB Program Unggul Asrama dan Program Unggul Cambridge MAN 4 Jakarta Selatan TP. 2023/2024 digelar.

Pada hari pertama, Sabtu 04 Maret 2023 merupakan pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk Program Unggul Cambridge yang meliputi mata pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, sedangkan Minggu 05 Maret 2023 adalah hari pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS) Progra Unggul Asrama dan Program Unggul Cambridge.

Animo masyakarat nampak terlihat dari padatnya kendaraan pribadi yang terparkir di lapangan MaN 4, MTsN 3, MIN serta jalanan di sekitar lokasi. Pelaksanaan tes ini sendiri bersifat mandiri dikelola oleh panitia PPDB MAN 4 Jakarta Selatan atau terpisah dari pelaksanaan PPDB regular yang dikelola oleh Kantor Wilayah Kementerin Agama DKI Jakarta.

Panitia pelaksana PPDB MAN 4 Jakarta Selatan menyebutkan jika pada tes ini terdapat 708 calon peserta didik baru yang memperebutkan kuota 92 kursi. Jumlah kuota tersebut terdistribusi dalam dua program unggulan yakni 48 kursi untuk Program Unggul Asrama dan 44 kursi untuk Program Unggul Cambridge. Dari 48 kuota Program Unggul Asrama sendiri saat ini telah mendapatkan calon 8 peserta didik yang lolos melalui jalur prestasi. Dengan kata lain tes ini memperebutkan 40 kursi untuk Program Unggul Asrama.

Saat ditemui, Aceng Solihin Kepela MAN 4 Jakarta Selatan menyampaikan jika tes dua hari ini merupakan tes tahap kedua dari tiga tahap yang diagendakan. Tes tahap ketiga yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 11 Maret 2023 meliputi  wawancara dan Tes Baca Tes Qur’an (TBTQ). “Alhamdulillah poses simulasi dan pelaksanaan tes seleksi PPDB Program Unggul Asrama dan Program Unggul Cambridge Tahun Pelajaran 2023/2024 berjalan lancar. Animo siswa sangat tinggi untuk bisa mengenyam pendidikan di MAN 4 Jakarta Selatan, khususnya program asrama dan program Cambridge. Ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan di MAN 4 Jakarta Selatan sangat tinggi. Semoga proses seleksi ini menghasilkan input-input madrasah yang sangat berkualitas,” Ucapnya. (H5)