MAN 4 Jakarta Selatan (03/02/2023) – Awal tahun ini MAN 4 Jakarta Selatan mengadakan kegiatan bertema “Damai di Sekolahku Menuju Warga Negara Dunia” yang berlangsung selama tiga hari, 16 – 18 Januari 2023 bertempat di ruang multimedia MAN 4 Jakarta Selatan.

Kegiatan yang berupa seminar dan simulasi bermain menghadirkan tamu sekaligus narasumber yang terdiri dari mahasiswi dari Amerika dan Australia. Acara ini sendiri terlaksana atas kerjasama antara MAN 4 Jakarta Selatan, ACICIS, dan ICRP Jakarta.

Sedikitnya 60 siswa yang terlibat aktif di dalam kegiatan ini. mereka memberikan sambutan yang antusias dan mengaku berhasil mendapatkan banyak hal baru. “Kami berharap kegiatan semacam ini bisa diadakan secara berkala atau sekali dalam tiga bulan,” tutur Devinda siswi kelas XII IPA 1 Cambridge , salah satu dari siswa yang menjadi peserta.

Tidak hanya siswa yang merasa terkesan dengan kegiatan ini melainkan para narasumber pun merasa terkesan dan kagum. Mereka merasa seakan-akan berada di rumah mereka sendiri. Hal ini dikarenakan selama kegiatan mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris yang notebenenya adalah bahasa mereka.

Sapri Sale, koordinator kegiatan ini menyampaikan jika pesan dari kegiatan ini untuk menunjukkan keindahan dari kemajemukan yang harus disadari dan dijaga demi kesinambungan kehidupan bersama dalam bingkai masyarakat global. “Selain untuk menjaga kemajemukan, kegiatan semacam ini ditujukan untuk merangsang kreativitas siswa agar bisa berkompetisi di arena yang lebih luas,” paparnya.