Jakarta [MAN4) – Untuk membekali pengetahuan siswa kelas XII dalam menentukan pendidikan lanjut di perguruan tinggi MAN 4 Jakarta melaksanakan kegiatan Career Day dan Campus Expo pada hari Senin – Kamis, 10 – 12 Januari 2023. Bertempat di gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (PPT) MAN 4 Jakarta acara tersebut mengambil tema ‘Pilihanmu Menentukan Masa Depanmu’.

Career Day dan Campus Expo merupakan agenda tahunan yang digawangi oleh guru Bimbingan Konseling (BK). Career Day yang beragendakan seminar ini diisi oleh profesionalis, praktisi pendidikan dan alumni MAN 4 Jakarta.

Ibu Rustinawati M.Psi., seorang psikolog yang diundang untuk mengisi Career Day mengatakan dalam presentasinya jika semua anak anak wajib diberikan rasa percaya diri agar anak dapat mengetahui kemampuan, kapasitas dan memberikan penilaian terhadap diri mereka sendiri sehingga mereka dapat mengambil keputusan untuk keberlangsungan hidupnya.


Hal ini selaras dengan pengalaman yang diceritakan oleh Nahla Jovial Nisa, salah satu alumni MAN 4 Jakarta yang saat ini menjabat sebagai program manager di Lembaga Swadaya Masyarakat ‘Lentera’, yang menyampaikan pentingnya rasa percaya diri karena setiap hal harus didapatkan dengan perjuangan dan tidak bisa didapatkan dengan cepat atau instan. “Sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil,” paparnya.

Saat itu, Aceng Solihin, S.Pd.I., MA., Kepala MAN 4 Jakarta dalam sambutannya mengharapkan seluruh kelas XII dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan kampus yang diminati sehingga mendapatkan kampus yang sesuai dengan harapan. “Ikuti kegiatan ini dengan baik, dengarkan pemaparan dari pemateri dengan seksama. Di antara kita telah hadir bapak Dr. Tito Latif Indra seorang praktis pendidikan yang merupakan wakil dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Universitas Indonesia. Beliau akan menyampaikan teknik masuk perguruan tinggi dan beberapa perubahan kebijakan terkait hal tersebut,” harapnya.

Sementara itu Campus Expo yang diselenggarkan sebagai hasil kerjasama Guru Bimbingan Konseling (BK) MAN 4 Jakarta dan alumni ini diikuti oleh beberapa Perguruan Tinggi Swasta seperti Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Prasetya Mulya (PRASMUL) dan CCIT FTUI. Kegiatan yang bertempat di gedung Pusat Pembelajaran Terpadu (PPT) MAN 4 ini diisi dengan presentasi sekaligus bimbingan langsung kepada siswa kelas XII mengenai potret dan seluk beluk perguruan tinggi.

Pada kesempatan ini pula siswa kelas X dan kelas XI diberi kesempatan untuk mengunjungi stand yang ada sebagai pengetahuan dasar serta persiapan mereka dalam menentukan jenjang pendidikan tinggi. (H5)

= HUMAS MAN 4 JAKARTA =