Dalam memperingati Hari Guru Nasional pada 25 November 2022, MAN 4 Jakarta mengadakan penampilan “KOLOSAL HARI GURU : PENGABDIAN DAN PENGORBANAN”. Penampilan Kolosal ini adalah penampilan kolaborasi musikal dan gerak yang melibatkan seluruh siswa angkatan 2023 dalam pertunjukan kombinasi seni tari, teatrikal, puisi, dan musik, yang mengangkat tema ‘pewayangan’. Kolosal tahun 2022 ini dipersiapkan oleh seluruh siswa kelas XII selama kurang lebih satu bulan, diketuai oleh Kevin Kayana.

Acara dibuka oleh MC, Emira Lubna dari kelas XI, pada pagi hari. Selanjutnya sebelum Kolosal ditampilkan, ada beberapa penampilan pra acara oleh kelas 10 dan 11. Setelah itu dilanjutkan dengan penampilan Kolosal kelas XII.

Kolosal ini sendiri tersusun dari berbagai lantunan musik dan rangkaian penampilan seni seperti puisi teatrikal dan musikalisasi puisi. Kegiatan pertama yaitu sesi pembukaan simbolis yang dilakukan oleh Bapak Ama Gusti Azis dengan memasuki panggung dan membawa gunungan wayang sembari melantunkan sinden Jawa. Para pemain alat musik yang terdiri dari gitar, bass, drum, konga, keyboard, terompet, biola, gamelan, dan angklung mulai memasuki area panggung.

Setelah simbolis, pertunjukan beralih ke lagu pertama, yaitu “Jasamu Guru” oleh para vokalis utama, diiringi dengan angklung dan gamelan. Setelah lagu berakhir, dilanjutkan menyanyikan lagu “Hymne Guru” oleh vokalis dan juga tim paduan suara. Tidak lupa, tim tari juga bergerak mengiringi nyanyian selama lagu dimainkan.

Setelah lagu berakhir, pertunjukan dilanjutkan dengan musikalisasi puisi. musikalisasi puisi adalah penyajian kolaborasi antara puisi dan musik. Tim musikalisasi puisi membawakan puisi dengan judul “NADI”.

Penampilan selanjutnya adalah puisi teatrikal, yang menggabungkan antara seni teater dan seni musik dalam suatu lakon pertunjukan. Mengambil tema “PENGABDIAN DAN PENGORBANAN”, pertunjukkan teatrikal puisi berakhir dengan spektakuler.

Penampilan dilanjutkan dengan lagu kembali, lagu “Terima Kasihku Guruku” dinyanyikan oleh para vokalis utama dan juga paduan suara. Lagu ini pun diiringi dengan tari kreatif oleh tim tari. Selanjutnya, lagu terakhir pada pertunjukan Kolosal adalah lagu “Guruku”. Guruku adalah lagu original yang dibuat oleh Bapak Ama Gusti Azis untuk pertunjukkan Kolosal. Pada akhir lagu ini, seluruh tim paduan suara, pemain gamelan dan angklung, serta para pemain puisi teatrikal ikut melakukan koreografi bersama tim tari, setelah lagu berakhir seluruh tim Kolosal membentuk formasi penutup dan mengucapkan “Selamat Hari Guru Nasional 2022” yang menandakan berakhirnya pertunjukan.

Belum sepenuhnya berakhir, acara kembali dialihkan ke MC. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan oleh Bapak Ama Gusti Aziz sebagai pembina sekaligus pelatih, kepala Madrasah Aliyah Negeri 4 Jakarta, Bapak Aceng Solihin dan perwakilan dari orang tua murid. Terakhir, acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh tim KOLOSAL angkatan 2023.

Alhamdulillah, hasil kerja keras dan doa, penampilan KOLOSAL berlangsung lancar dan sukses. See You Next Kolosal

Penulis: Tim Kolosal Kelas XII