Rapat akhir Ramadhan ini, merupakan pertemuan pamungkas di akhir bulan bersamaan dengan penutupan aktivitas kerja selama bulan Ramadhan. Pada rapat ini juga sekaligus melepas Ibu Rosma Barasa memasuki masa paripurna kerja sebagai ASN dilingkungan Kementerian Agama, dan secara khusus dari tempat tugas MAN 4 Jakarta.

Acara dihadiri semua rekan-rekan kerja TU MAN 4 Jakarta, bertempat di ruangan KAMAD MAN 4 Jakarta Bapak Aceng Solihin dan KA TU Bapak Ameri. Pada kesempatan tersebut ibu Rosma Barasa menyampaikan permintaan maaf apabila selama bertugas ada hal-hal yang tidak berkenan.

Rekan-rekan TU memberikan ucapan dan testimonial diwakili oleh bapak Suhanda selaku rekan kerja yang diseniorkan di TU. Beliau dan bu Rosma adalah rekan seangkatan. Mengenang kembali pada masa tahun 1980-an, 32 tahun lalu. Merasakan segala pahit manis PNS (ASN) masa itu. Beliau pun menyampaikan harapan dan permintaan maaf. Perwakilan dari staff TU muda, Ibu Rini, memberikan kesan dan ungkapannya. Panggilan “mamake” terucap langsung dari mulutnya dan serta merta menjadikan ruangan rapat renyah dan cair. Beliau menyampaikan permintaan maaf jika selama pergaulan sering bercanda dan segala tingkah laku lainnya jika ada yang kurang berkenan agar dimaafkan.

Sambutan dan testimonial juga disampaikan oleh Kepala Madrasah,  Bapak Aceng Solihin. Beliau mengapresiasi kesinergian MAN 4 Jakarta di lingkup TU dalam hal ini staff antar staff. “Perjalanan dari awal hingga akhir ASN” dengan segala manis getirnya adalah penyedap. Namun demikian perjalan Dinas memiliki nilai plus yaitu sebagai ibadah non mahdah. Harapan dan sekaligus (doa) sejalan bertepatan di ujung bulan Ramadhan, menjadi miskul khitam keberadaan beliau di MAN 4 Jakarta secara kedinasan. Beliau pun menyampaikan permintaan maaf kepada Bu Rosma, jika selama ini, berinteraksi satu dengan yang lain ada selisih yang tidak semestinya. Pamungkasnya, beliau menyampaikan harapan kedatangan para Purnabakti pada hari pelepasan Siswa siswi kelas XII tahun 2022.

(AH)