Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang akan dimulai pada minggu pertama bulan April, MAN 4 Jakarta mengadakan acara Tarhib Ramadhan pada Kamis, 31 Maret 2022 lalu. Acara dilakukan di Masjid Darul Falah MAN 4 Jakarta secara semi-offline yang dihadiri langsung oleh siswa siswi kelas 11 dan siswa siswi kelas 10 yang menyaksikan secara online.

Acara dibuka pukul oleh MC, Savigny dan Fayza, pada pukul 07.30 dan dilanjut dengan pembacaan rawi oleh Tim Hadroh dan Marawis MAN 4 Jakarta dengan Ustadz Nawawi sebagai pembuka. Setelah itu ada pembacaan tilawah dan sari tilawah oleh Morren Tandova dan Mayla Ahda yang dilanjut dengan sambutan sekaligus materi dari Bapak Kepala Madrasah yaitu Bapak Aceng Solihin. Setelah itu Tim Hadroh dan Marawis MAN 4 Jakarta kembali menampilkan hadroh sebelum acara diselingi istirahat pada pukul 09.15.

Acara dimulai kembali pada pukul 09.45 dengan acara utama yaitu materi Tarhib Ramadhan yang disampaikan oleh Ustadz Romli Jawahir, Bapak Aceng Solihin, dan Ustadz Muchlis. Penyampaian materi yang dimoderatori oleh Bunga Aisyah dan Haura Rania membahas tanggapan akan datangnya bulan Ramadhan 1443 Hijriah ini. Para narasumber membahas hal-hal yang harus dipersiapkan dan diresapi mengingat datangnya bulan Ramadhan 1443 Hijriah seperti keutamaan-keutamaan bulan Ramadhan, amalan-amalan sunnah yang dianjurkan dalam bulan Ramadhan, hal-hal yang dilarang, serta inti, hikmah, dan tujuan dari menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Sesi materi merupakan susunan acara utama terakhir sebelum kegiatan mushofahah sebagai penghujung acara, yaitu bersalaman antara para guru dan murid sebagai bentuk bermaaf-maafan dan menjaga silaturahmi sebelum memulai bulan yang suci. Acara selesai dan ditutup kembali oleh MC pada pukul 11.30, setelah itu seluruh guru dan murid bersiap untuk sholat dzuhur.


(Crew KJS)