Rabu, 23 Februari 2022, MAN 4 Jakarta kedatangan tamu yaitu kakak-kakak anggota Purna Paskibra dari PPI MA Jakarta. Kakak-kakak ini merupakan Panitia Pelaksana Seleksi Calon Anggota Paskibra Tingkat MA Jakarta Selatan 2022. Mereka datang untuk menyeleksi siswa-siswi MAN 4 Jakarta untuk mengikuti seleksi yang diperuntukkan bagi kelas 10 dan kelas 11 yang memenuhi syarat dan lolos seleksi calon anggota paskibra tingkat sekolah MA. Karena pembelajaran dilakukan secara daring, maka waktu pelaksanaan seleksi disesuaikan dengan jadwal PTM yang sudah ditentukan. Hari pertama seleksi dilakukan pada tanggal 23 Februari 2022 yang merupakan jadwal PTM bagi kelas 11.

Seleksi dilakukan dengan beberapa tahap dimulai dari sekitar pukul 08.00 WIB, panitia mengawalinya dengan berkeliling ke kelas-kelas mencari siswa dan siswi yang tinggi dan beratnya memenuhi syarat. Setelah memilih anak-anak yang memenuhi syarat dari setiap kelas, seleksi dilanjutkan di lapangan upacara. Pada tahap ini dilakukan seleksi yang lebih tepat untuk tinggi dan berat badan serta riwayat penyakit yang dimiliki. Setelah itu, para peserta diminta untuk kembali ke kelas masing-masing sementara para panitia melakukan seleksi data dari calon anggota Paskibra Tingkat Sekolah MA. Saat data peserta sudah selesai diseleksi, para peserta yang memenuhi syarat diminta untuk kembali ke lapangan untuk mendengarkan arahan dari kakak panitia pelaksana, pengarahan berlangsung selama 30 menit.

Seleksi tahap ini akan dilakukan kembali bagi siswa-siswi kelas 10 pada jadwal PTM selanjutnya. Para peserta yang lolos dari tahap sekolah ini nantinya akan lanjut mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

Semoga kegiatan ekskul Paskibra yang mengikuti Seleksi Calon Anggota Paskibra Tingkat MA Jakarta Selatan ini dapat berjalan lancar dan menjadi peluang prestasi bagi siswa-siswi yang menjadi peserta dan anggota ekskul Paskibra sendiri. Dan tentunya, semoga kegiatan ini bisa menjadi inspirasi dan memotivasi seluruh ekskul di MAN 4 Jakarta untuk terus berkembang dan meraih prestasi.

(Crew KJS)