Rabu pagi, tanggal 23 Februari 2022, MAN 4 Jakarta mengadakan pertemuan online melalui Zoom Meeting untuk melaksanakan khatmil qur’an, penyampaian motivasi, serta doa bersama bagi siswa-siswi kelas 12 yang sedang akan menjalankan PAT dan ujian-ujian akhir lainnya. Bagi setiap siswa-siswi tahun terakhir setiap tahunnya, hari-hari menuju berbagai rangkaian ujian dan seleksi masuk perguruan tinggi menjadi momen yang mendebarkan. Sama halnya dengan siswa dan siswi kelas 12 MAN 4 Jakarta, yang sedang bekerja keras mempersiapkan diri dalam ujian ataupun seleksi yang akan datang, ditambah dengan beberapa ujian internal dari sekolah yang sedang berlangsung seperti Ujian Praktek dan PAT yang akan segera dimulai. Tentunya, para siswa membutuhkan motivasi agar tetap semangat dan optimis dalam prosesnya.

Acara dihadiri oleh para dewan guru, staf dan karyawan, serta seluruh murid MAN 4 Jakarta kelas 12. Acara mulai pukul 06.30 WIB, dibuka oleh MC yakni Ibu Nia Kurniasih, dan dilanjut dengan rangkaian sambutan oleh Bapak Kepala Madrasah serta Bapak Kepala Komite.

Kemudian, dimulai acara Khatmil Qur’an yang dipimpin oleh salah satu guru MAN 4 Jakarta yaitu Ustadz Romli Jawahir. Dengan pembacaan Al-Qur’an Juz 30, dan dilanjutkan dengan doa Khatmil Qur’an dan doa bersama.

Setelah Khatmil Qur’an, acara dimulai kembali pada pukul 07.55 dengan penyampaian kesan dan pesan perwakilan siswa dari setiap kelas. Masing-masing perwakilan mewakilkan kelasnya dalam mengungkapkan rasa terima kasih, memohon maaf, serta memberikan kata-kata penyemangat kepada teman-teman seperjuangan yang akan menjalani serangkaian ujian akhir bersama-sama. Perwakilan dari dewan guru pun juga menyampaikan kesan pesan yang diwakilkan oleh Ustadz Mohammad Dahlan, wali kelas 12 IPA 2.

Kemudian acara beralih ke salah satu rangkaian utama acara, yaitu penyampaian materi dan motivasi oleh narasumber yang sudah diundang, yaitu Bapak Muhammad Amin, seorang konsultan pendidikan. Beliau menyampaikan berbagai informasi tentang tahapan-tahapan ujian dan seleksi masuk perguruan tinggi tahun 2022. Beliau juga berbagi berbagai cerita inspiratif dan kata-kata motivasi yang dapat menggerakkan semangat dalam hati para siswa yang tidak lama lagi akan menghadapi hal yang sama.

Acara motivasi berakhir pada pukul 10.25, dan acara dilanjutkan dengan rangkaian terakhir yaitu doa penutup yang dipimpin oleh Ustadz Asep Eka Mulyana, sebelum acara ditutup secara resmi oleh Ibu Nia Kurniasih selaku MC. Semoga dengan diadakannya acara seperti ini dapat membangkitkan semangat siswa-siswi kelas 12 dalam berjuang mempersiapkan proses masuk perguruan tinggi dengan hati yang lapang dan pikiran yang positif sebagai langkah awal dalam meraih cita-cita setelah menyelesaikan masa sekolah.

(LISNUR)