Senin, 24 Januari 2022, Madrasah Aliyah Al-Azhar Asy-Syarif sebagai satu-satunya madrasah di bawah naungan kementrian Agama yang bekerjasama dengan Al-Azhar Asy-Syarif Cairo Mesir menggelar acara Lepas Berangkat Peserta Didik Penerima Beasiswa Tahun 2021 ke Universitas Al-Azhar Cairo, Mesir.
Acara ini digelar sebagai rasa syukur sekaligus apresiasi kepada siswa yang mendapat beasiswa dari Al-Azhar untuk belajar di Universitas Al-Azhar Cairo Mesir. Ada empat siswa penerima beasiswa yang dilepas berangkat pada tahun ini, yaitu Rifa Rahmah Rasyidah, Jafnah Adibah, Azra Adrina Langguly, dan Dhiya Auliyah.

Menambah kekhidmatan, acara ini dihadiri oleh Syekh Ali Ibrahim Abdullah dan Syekh Mustofa Abdullah selaku delegasi Al-Azhar Mesir. Hadir pula Kepala Madrasah, Ketua Komite, dan segenap guru dan karyawan Madrasah Aliyah Al-Azhar Asy-Syarif. Tentu saja, tampak para peserta didik didampingi orang tua masing-masing.

Bapak Aceng Solihin selaku Kepala Madrasah mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada siswa penerima beasiswa dari Al-Azhar. Beliau berpesan supaya rajin dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar sebagai universitas tertua yang banyak menelurkan banyak ulama. “Kami sebagai guru bangga jika siswa kami sukses melebihi kami.”

Ucapan selamat juga datang dari Ketua Komite, Bapak Hilmy Muhammadiyah. Beliau berpesan kepada siswa untuk senantiasa fokus belajar di Kairo, karena iklim dan budaya yang berbeda akan berpengaruh terhadap fokus belajar.

Syekh Ali Ibrahim sebagai delegasi dan native speaker dari Al-Azhar juga berpesan untuk senantiasa menjaga semangat dan kesungguhan dalam belajar karena ilmu memang harus didapat dengan sungguh-sungguh. Tak ketinggalan, Syekh Musthofa berpesan bahwa untuk menjadi seorang Azhari, hendaknya senantiasa mendahulukan Alquran, menjaga karekteristik Al Azhar, yaitu mengikuti salah satu madzhab dalam fikih (Syafi’i, Hanafi, Maliki, Hambali), mengikuti Asy’ari atau Maturidy dalam akidah, dan bertasawuf dalam akhlak.

Yang juga mengharukan adalah saat Rifa Rahma Rasyida menyampaikan ucapan mewakili seluruh lulusan yang akan berangkat. Sambil berlinang airmata, ia mengucapkan terimakasih kepada orang tua, para guru dan karyawan. Ia juga memohon doa agar langkah dalam menuntut ilmu diberi kemudahan dan kesuksesan. Dengan demikian, ilmu yang diterima akan bermanfaat di dunia dan akhirat.

Penulis: Lisnur Azizah

Testimoni 1
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, saya bersyukur dapat menempuh pendidikan di MA Al-Azhar Asy-Syarif Filial MAN 4 Jakarta. Selain kurikulum MA, sekolah ini juga memiliki kurikulum Al-Azhar sehingga siswa tidak hanya mendapat pengajaran eksak, namun juga bekal ilmu agama. Dua kurikulum yang diterapkan ini juga membuat siswa dapat lebih luas dalam menentukan konsentrasi keilmuannya. MA Al-Azhar Asy-Syarif memiliki kegiatan beragam yang dapat menambah wawasan sekaligus menumbuhkan karakter pada siswa. Adapun tenaga pendidik yang kompeten, kreatif, dan inovatif selalu sedia membimbing siswa untuk mengembangkan potensinya. Tidak hanya mencari ilmu, para guru juga mengarahkan supaya siswa juga mencari keberkahan ilmu salah satunya lewat program hafalan Al-Qur’an. Semoga MA Al-Azhar Asy-Syarif Filial MAN 4 Jakarta semakin maju, dan selalu menghasilkan insan-insan terbaik yang dapat bermanfaat bagi sesama.

Rifa Rahmah Rasyidah

Testimoni 2

Assalamualaikum wr wb
Saya sangat bersyukur, anak kami dapat diterima di MA Al Azhar Asyarif Filial MA 4. Sekolah MA plus yang istimewa karena mendampingi kurikulum belajarnya dengan kurikulum Al Azhar Mesir. Mengajarkan Aqidah Asy’ariah, ibadah Syafi’iyyah dan tasawuf sunniyah. Membangun aspek kognitif siswanya sekaligus menanamkan karakter Islami seperti Tilawah Al Qur’an, Tahfidz, Dhuha, mengutamakan kejujuran, disiplin dan akhlak mulia lainnya.
Selamat MA Al Azhar Asyarif, semoga semakin maju dan terdepan mencerdaskan.
wali siswa,

Ernawati