Masih seperti tahun lalu, matsama MAN 4 Jakarta tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan secara daring. Walau pun sebelumnya sempat ada wacana bahwa belajar akan dilaksanakan di sekolah pada tahun pelajaran ini namun penyebaran covid yang tiba-tiba meningkat menyebabkan wacana tersebut ditunda dalam waktu yang belum dapat ditentukan.

Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) merupakan kegiatan tahunan yang ditujukan untuk seluruh peserta didik madrasah. Bertujuan untuk memperkenalkan suasana madrasah, profil madrasah dan program kegiatan serta berbagai informasi yang berhubungan dengan madrasah.
Tahun ini Matsama diikuti oleh seluruh peserta didik MAN 4 Jakarta dari semua jenjang kelas.

MATSAMA yang digelar selama 3 hari ini diisi dengan kegiatan webinar melalui virtual meeting zoom. Panitia Madrasah dan OSIS/MPK saling bekerja sama untuk suksesnya kegiatan ini. Kegiatan matsama diisi dengan acara pembukaan pada hari pertama dan dilanjutkan dengan pengenalan suasana dan program madrasah kepada peserta didik baru. Selanjutnya diisi dengan webinar-webinar dari berbagai narasumber baik internal maupun eksternal (UI, ITB, Nano Edu dan alumni).

Diharapkan dengan adanya kegaitan matsama ini, peserta didik yang tidak dapat berada langsung di madrasah namun masih tetap bisa merasakan seperti layaknya berada di madrasah. Belajar dan beraktivitas seperti biasa dan tetap mempunyai rasa memiliki sebagai peserta didik MAN 4 Jakarta.