Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Pada hakikatnya, hidup adalah ujian. Setiap orang akan dinaikkan levelnya jika dia lulus dari ujian. Tengoklah apa yang terjadi di sekitar kita. Tidak ada satupun makhluk hidup yang luput dari ujian. Dan perhatikanlah, mereka yang lulus dari ujiannya, secara alami derajat mereka diangkat ke tempat yang lebih tinggi.

Pun demikian di dunia pendidikan. Setiap siswa yang berada di level akhir, ia akan menghadapi yang namanya ujian madrasah/sekolah. Dan mereka yang lulus, tentu dia bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka yang lulus akan berbahagia, bergembira, dan derajatnya lebih tinggi daripada yang lainnya.

Pepatah Arab mengatakan, بالامتحان يكرم المرء أو يهان. Dengan ujian, seseorang akan menjadi mulia atau sebaliknya menjadi terhina. Mereka yang lulus tentunya akan memperoleh kemuliaan. Dan mereka yang gagal akan mendapatkan kehinaan.

Karena itu, anak-anakku sekalian, siswa dan siswi MAN 4 Jakarta dan MA Al-Azhar Asy Syarif Indonesia, persiapkanlah dirimu sebaik mungkin untuk menghadapi Ujian Madrasah yang sudah di ambang pintu. Hasil belajar kalian selama di MAN 4 Jakarta dan MA Al-Azhar Asy Syarif Indonesia akan diuji. Apakah kalian mampu menunjukkan diri sebagai seseorang yang kompeten pada mata pelajaran yang selama ini telah diajarkan di madrasah?

Buatlah dirimu bangga. Orang tuamu bangga. Guru-gurumu bangga. Bangga dengan hasil ujianmu yang memuaskan, yang kalian peroleh dengan jujur dan berintegritas. Bukan dengan hasil curang dan penuh ketidakjujuran. Prestasi itu penting, tetapi jujur itu jauh lebih penting.

Kami, segenap guru dan tenaga kependidikan Madrasah, mendoakan semoga kalian meraih hasil ujian yang optimal, yang memuaskan dan membanggakan dirimu, orang tuamu, dan guru-gurumu. Selamat menempuh Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021. Sukses untuk kita semua.

Wassalaamu ‘alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Kepala MAN 4 Jakarta dan MA Al Azhar Asy Syarif Indonesia

Ttd.

Aceng Solihin, S.Pd.I, MA