Kamis, 10 Desember 2020 digelar webinar literasi via meeting zoom oleh MAN 4 Jakarta yang diprakarsai oleh tim literasi MAN 4 Jakarta. Webinar yang berlangsung dari pukul 07.30 hingga pukul 09.00 diikuti oleh seluruh peserta didik dan pendidik MAN 4 Jakarta.

Dengan mengangkat tema Cerdas Berliterasi di Era Digital, webinar literasi ini menghadirkan nara sumber bapak M. Ihsanudin, M.Hum., ketua umum ATPUSI dan ananda Jasmine Shafa K, siswi MAN 4 Jakarta peraih Golden Award di ajang Kompetisi International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2020. Adapun agenda webinar yaitu Berliterasi Untuk Inovasi: Sebuah Refleksi ; dan Literasi Era Digital.

Kegiatan diawali dengan Pembiasaan pagi, tilawah dan tausiah yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan webinar. Bapak Aceng Solihin, S.Pdi., M.A. dalam sambutannya menyampaikan agar sebaiknya semua orang dapat memulai berliterasi dengan membaca kitab suci Alquran, literasi diri dan literasi situasi. Kemudian beliau meminta seluruh peserta didik dapat mengikuti kegiatan webinar dengan sebaik-baiknya.

Ananda Jasmine dalam paparannya membagikan pengalamannya dalam mengikut ajang IEYI dimana dengan literasi, dia bisa meyakinkan juri akan penemuannya sehingga bisa meraih golden award dan diakhir paparannya beliau menghimbau agar rekan-rekan peserta didik jangan ragu untuk mengikuti kompetisi karena akan banyak pengalaman yang berharga yang akan didapat. Sedangkan bapak M. Ihsanudin memberikan banyak pengetahuan mengenai literasi, mulai dari mengenal informasi, ruang lingkup literasi, memilah informasi yang valid hingga trik mencari informasi yang diperlukan di internet.

(ADM)