Hari ini peringatan Kesaktian Pancasila, Kamis (1/10/2020) disiarkan langsung baik melalui beberapa stasiun Televisi dan juga secara streaming mulai pukul 07.30 WIB.

Menindaklanjuti Surat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 86491/MPK.F/TU/2020 tanggal 28 September 2020 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020, Kementerian agama melalui surat edaran no. 3576 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020  menyampaikan bahwa Tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020 adalah Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila.

Sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19, disampaikan mengenai pengaturan Penyelenggaraan Upacara di tingkat pusat dan đaerah. Untuk Unit Eselon I Pusat dan seluruh satker di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan satuan Pendidikan pada semua jenjang (MAN,MTsN, MIN) serta seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri wajib mengikuti Upacara Perngatan Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Kepala MAN 4 Jakarta, Bapak Aceng Solihin, menyampaikan pula arahannya pada kegiatan pembiasaan pagi di Zoom Meeting Room. Beliau mengingatkan tentang pancasila sebagai pondasi bangsa dan merenungkan nilai-nilai pancasila dalam situasi dan kondisi saat ini dimana sebagai warga negara diharapkan semakin mendekatkan diri  kepada Allah SWT, harus tahu bagaimana sikap sosial sesama manusia sebagai makhluk hidup dan agar terus mempererat tali persatuan dan kesatuan. Intinya agar semua dapat mengimplementasikan sila-sila Pancasila dengan baik.

Diakhir pengarahannya beliau mengucapkan selamat memperingati hari kesaktian Pancasila kepada seluruh civitas akademika MAN 4 Jakarta, Semoga kita menjadi individu bangsa yang bijak meneladani dan menjiwai nilai-nilai Pancasila karena nilai-nilai Pancasila tidak ada yang bertentangan dengan nilai-nilai agama demikian pula nilai-nilai agama tidak ada yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

(ADM)