MATSAMA, singkatan dari Masa Ta’aruf Siswa Madrasah, adalah masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Melalui kegiatan Matsama ini para peserta didik baru akan dikenalkan pada sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya serta kegiatan madrasah, yang ada di lingkungan madrasah.

MATSAMA MAN 4 Jakarta tahun 2020 ini dilaksanakan berbeda dari biasanya. Wilayah DKI Jakarta yang masih berstatus zona oranye dan merah imbas pandemi covid-19 menyebabkan pelaksanaan Kegiatan MATSAMA tidak dapat dilakukan secara tatap muka.

Bersama dengan MA Al Azhar Asyarif, kegiatan ini dilakukan secara virtual selama 3 hari, tanggal 13 – 15 Juli 2020, mulai pukul 06.30 – 15.00.
MATSAMA Virtual ini diisi dengan kegiatan perkenalan pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan MAN 4 Jakarta, kegiatan Keagamaan, motivasi dan berbagai informasi serta webinar oleh narasumber-narasumber baik dari dalam maupun dari luar MAN 4 Jakarta termasuk dari alumni MAN 4 Jakarta.

Pada hari ke-3 calon peserta didik mengerjakan post test kegiatan hari ke-3 MATSAMA 2020/2021, serta mengisi angket umpan balik.

Walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara virtual namun semua kegiatan yang sudah diagendakan dapat terlaksana dan berjalan sesuai yang diharapkan. Semoga dengan kegiatan ini membuat peserta didik baru dapat mengenal lingkungan barunya, membiasakan diri untuk menjalani kondisi pembelajaran jarak jauh dan menambah keterikatan dan kecintaan terhadap madrasah walaupun tidak bisa datang ke sekolah dan bertatap langsung dengan guru dan teman-teman.

Tetap selalu bahagia, sehat, beraktifitas dengan cara baru, bersekolah dan belajar dari rumah serta jangan lupa berdo’a untuk diri kita, keluarga dan seluruh umat manusia di dunia ini agar dunia ini kembali normal dan kita semua dapat kembali beraktifiatas seperti biasa lagi.

(ADM)

 

VIDEO