Jakarta Selatan, 17 September 2025 — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan mutu pembelajaran dengan menyelenggarakan kegiatan Bedah Soal Tes Kompetensi Akademik (TKA) Bahasa Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan MGMP Bahasa Indonesia Madrasah Aliyah DKI Jakarta pada Rabu, 17 September 2025, bertempat di Aula Asrama Putri MAN 4 Jakarta Selatan, Jl. Ciputat Raya, Kelurahan Pondok Pinang.
Acara berlangsung sejak pukul 07.30 hingga 15.00 WIB dan diikuti oleh 45 guru Bahasa Indonesia yang berasal dari MAN 1 hingga MAN 23 Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman para guru terhadap karakteristik soal TKA Bahasa Indonesia serta meningkatkan kemampuan analisis soal yang sejalan dengan tuntutan asesmen nasional dan seleksi masuk perguruan tinggi.
Dalam sambutannya, Kepala MAN 4 Jakarta, Bapak Wido Prayoga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas sinergi antara MAN 4 Jakarta dan MGMP Bahasa Indonesia MA DKI Jakarta “Kegiatan ini menjadi ruang kolaboratif bagi para guru untuk saling berbagi strategi, memperkaya wawasan pedagogis, serta memastikan kesiapan siswa menghadapi berbagai ujian berbasis kompetensi. Melalui kegiatan ini, peserta mendapatkan pemaparan mendalam mengenai bentuk, tingkat kesulitan, serta strategi penyelesaian soal yang efektif dan efisien,” ujarnya.
Sesi bedah soal dipandu oleh Bapak Muhamad Syahril, M.Pd, guru MAN Insan Cendekia Serpong yang sudah berpengalaman mengawal strategi penyelesaian soal-soal berbasis literasi. Para peserta terlihat antusias mengikuti setiap pemaparan dan aktif berdiskusi mengenai berbagai pendekatan dalam memahami konteks soal TKA Bahasa Indonesia. Bahkan, saat sesi pembahasan, dengan rumus-rumus yang disajikan, peserta menyampaikan secara langsung agar kegiatan serupa tetap bisa dilaksanakan walaupun TKA sudah berlalu. Menurut peserta, kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi peningkatan kompetensi guru. Guru mendapat banyak masukan tentang cara mengajarkan keterampilan membaca kritis dan menganalisis teks secara lebih efektif yang dapat diterapkan di kelas.
Kegiatan ditutup dengan sesi refleksi bersama dan pembagian materi digital yang dapat digunakan sebagai bahan pengayaan dalam pembelajaran di madrasah masing-masing. Melalui kegiatan Bedah Soal TKA Bahasa Indonesia ini, diharapkan terjalin kolaborasi yang lebih solid antar guru madrasah aliyah se-DKI Jakarta, sekaligus mendorong peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan madrasah.
Penulis: Hilmawati